Pengaruh Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XI Jurusan Teknik Bangunan Di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun/Ajaran 2015/2016

Muhammad Zainal Abidin, Drs. Darmono, M.T.

Abstract


Penelitian bertujuan untuk mengetahui (1) prestasi siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan yang selama ini didapat di sekolah, (2) minat siswa untuk berwirausaha setelah mendapatkan mata pelajaran kewirausahaan di sekolah, dan (3) pengaruh prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun/ Ajaran 2015/2016.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto yang dilakukan di SMK Negeri 3 Yogyakarta pada bulan Agustus 2016. Populasinya adalah siswa kelas XI dari Jurusan Teknik Bangunan, yaitu Jurusan Teknik Gambar Bangunan dan Jurusan Teknik Konstruksi Kayu. Cara pengambilan data diambil dengan metode studi dokumenter dan metode kuesioner (angket). Validitas instrumen dilakukan dengan expert judgment dan analisis butir menggunakan rumus korelasi Product Moment dan uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Pengujian hipotesis dengan regresi sederhana, yang sebelumnya dilakukan uji persyaratan analisis meliputi uji normalitas dengan menggunakan One Sample Kolmogorov-Smirnov test dan uji linearitas menggunaksn uji F. Pengujian dilakukan dengan bantuan program komputer SPSS v.19 for windows.

Hasil dari penelitian menunjukkan yaitu (1) prestasi siswa dalam mata pelajaran kewirausahaan termasuk dalam kategori cukup, hal ini ditunjukkan dengan banyaknya siswa yang mendapat nilai 60-75 sebanyak 78 siswa (69,03%). (2) Kecenderungan minat siswa untuk berwirausaha termasuk dalam kategori tinggi, yaitu pada nilai 90,27%. (3) Terdapat pengaruh yang positif dan signifikan antara prestasi mata pelajaran kewirausahaan terhadap minat berwirausaha siswa kelas XI Jurusan Teknik Bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta Tahun/ Ajaran 2015/2016 dengan p = 0,00 < 0,05. Nilai determinan r2 = 0,060 yang berarti prestasi mata pelajaran kewirausahaan memberikan sumbangan efektif terhadap minat berwirausaha sebesar 6% dan Y=85,514+0,375.X yang berarti apabila nilai presatasi mata pelajaran kewirausahaan meningkat 1 poin, maka pada nilai minat berwirausaha akan bertambah sebesar 0,375 poin.

Full Text:

PDF

References


Alfiah, Siti.dkk. (2009). Modul Kewirausahaan Entrepreneur untuk Kelas X. Solo: CV Putra Waylima.

Alfiah, Siti.dkk. (2009). Modul Kewirausahaan Entrepreneur untuk Kelas XI. Solo: CV Putra Waylima.

Anonim, Daerah Istimewa Yogyakarta. Diakses dari http://id.wikipedia.org/wiki/Daerah_Istimewa_Yogyakarta. Pada tanggal 26 April, Jam 21:32 WIB.

Anonim. (2008). Kamus Terbaru Bahasa Indonesia. Surabaya: Reality Publisher.

Anonim. (1996). Kewirausahaan Indonesia dengan Semangat 17 – 8 – 45. Jakarta: PT Kloang Klede Jaya.

Anonim. Pengertian Minat. Diakses dari http://www.anneahira.com/pengertian-minat.htm pada tanggal 25 Maret 2016 pukul 10:17.

Anonim. Pengertian Minat Menurut Para Ahli. Diakses dari http://www.sarjanaku.com/2012/12/pengertian-minat-menurut-para-ahli.html pada tanggal 25 Maret 2016 pukul 10:12.

Arifin, Zainal. (2012). Penelitian Pendidikan Metode dan Paradigma Baru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset.

Arini, Dian. (2011). Pengaruh Prestasi Praktik Industri dan Pengetahuan Kewirausahaan Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas 3 Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih Tahun Ajaran 2010/2011. Skripsi Penelitian. UNY. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (1996). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Darmadi, Hamid. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Ghozali, Imam. (2011). Aplikasi Analisis Multivatriate dengan Program IBM SPSS 19. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponegoro

Hantoro, Sirod. (2005). Kiat Sukses Berwirausaha. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Harefa, Andreas. (2000). Berwirausaha dari Nol. Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama.

Hendro. (2011). Dasar-Dasar Kewirausahaan. Jakarta: Erlangga.

Hisrich, Robert D., Peters, Michael P. & Dean A. Shepherd. (2008). Entrepreneurship. Singapore: The McGraw-Hill Companies.

Kasmir. (2011). Kewirausahaan. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Meredith, Geoffrey G. (2000). Kewirausahaan Teori dan Praktek. Jakarta: PT Pustaka Binaman Pressindo.

Nasution, Arman Hakim.dkk. (2001). Membangun Spirit Enterpreneur Muda Indonesia. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Sugiyono. (2008). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: CV Alfabeta.

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: CV Alfabeta.

Sukardi. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sumarno, Firdaus. (2012). Pengaruh Prestasi Praktik Industri, Prestasi Mata Pelajaran Kewirausahaan, Dan Konsep Diri Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Kelas XII SMK Negeri 1 Kandeman Batang Tahun Ajaran 2011/2012. Skripsi Penelitian. UNY. Yogyakarta. Diakses dari http://eprints.uny.ac.id/6546/1/SKRIPSI.pdf pada tanggal 16 April 2016 pukul 10:20.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.