Peningkatan Kualitas Praktik Kerja Industri Pada Kompetensi Keahlian Teknik Geomatika di SMK N 2 Yogyakarta

Mei Lusyana Aditia, Ir Ilham Marsudi, M.Kom.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) kualitas praktik kerja industri pada kompetensi keahlian Teknik Geomatika di SMK N 2 Yogyakarta, (2) kendala-kendala dalam peningkatan praktik kerja industri dan bagaimana cara mengatasinya, (3) mengajukan alternatif peningkatan kualitas praktik kerja industri di SMK N 2 Yogyakarta.

Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif. Subjek penelitian ini yaitu 1 orang guru jurusan Teknik Geomatika SMK N 2 Yogyakarta, Praktisi Industri yang berjumlah 3 orang, dan siswa jurusan Teknik Geomatika SMK N 2 Yogyakarta yang sudah maupun yang sedang melaksanakan praktik kerja industri dengan jumlah total 26 siswa. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan cara wawancara mendalam, observasi partisipan dan analisis dokumen. Teknik analisis data dilakukan dengan langkah-langah: (1) reduksi data, (2) penyajian data dalam bentuk table, dan (3) penarikan kesimpulan.

Hasil penelitian menunjukkan: (1) Siswa yang melaksanakan prakerin di Badan Pertanahan Nasional dan perusahaan swasta mendapatkan pengalaman prakerin yang berkualitas, sedangkan siswa yang melaksanakan prakerin di Dinas Pekerjaan Umum tidak mendapatkan pengalaman prakerin yang berkualitas, (2) Kendala pelaksanaan prakerin yaitu siswa bekerja tidak sesuai kompetensi di sekolah, tempat prakerin jauh dan jadwal prakerin tidak sesuai dengan jadwal pekerjaan di industri, (3) Alternatif peningkatan kualitas prakerin yaitu pertama sekolah memberi bekal kepada siswa tentang pentingnya prakerin, kedua siswa harus berantusias tinggi dan sungguh-sungguh saaat pelaksanaan prakerin, ketiga jadwal prakerin disuaikan dengan jadwal pekerjaan di lembaga tempat prakerin, keempat pihak industri memberi kepercayaan pada siswa untuk bekerja menggunakan teknologi mutakhir, kelima dunia kerja menyiapkan pembimbing industri siswa prakerin yang kompeten di bidang Teknik Geomatika

Full Text:

PDF

References


Bukit, M. (2014). Strategi dan inovasi pendidikan kejuruan: Dari kompetensi ke kompetisi. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Herry. (2014). Evaluasi pelaksanaan praktik kerja industri Jurusan Teknik Konstruksi Batu dan Beton SMKN 1 Sintang Tahun Pelajaran 2012/2013. Diambil pada tanggal 15 Maret 2016 dari jurnal.untan.ac.id

Miles, M. B. & Huberman, A. M. (1994). Qualitative data analysis: An expanded sourcebook (2nd ed.). Thousand Oaks, California: Sage Publication


Refbacks

  • There are currently no refbacks.