Pengaruh Persepsi Siswa Tentang Karakter Warga Sekolah Terhadap Pembentukan Karakter Siswa Kelas XI Teknik Gambar Bangunan Tahun Ajaran 2016/2017 SMK Negeri 2 Depok Sleman

Kirwanto Kirwanto, Drs Sutarto, M.Sc., Ph.D.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh persepsi siswa tentang karakter warga sekolah terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI pogram keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2016-2017 SMK Negeri 2 Depok Sleman. Penelitian ini merupakan penelitian Ex-Post Facto. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2016/2017 SMK N 2 Depok Sleman sejumlah 68 siswa. Teknik penentuan jumlah sampel menggunakan tabel Issac-Michael dengan N=68 dan α=5%, diperoleh sampel berjumlah 57 siswa, dan distribusi sampel menggunakan Proportionate Random Sampling. Teknik pengumpulan data menggunakan angket tertutup skala Likert. Uji validitas kostruk instrumen menggunakan Experts Judgement dan uji validitas isi menggunakan rumus Korelasi Pearson’s Product Moment. Uji reliabilitas menggunakan rumus Alpha Cronbach. Uji prasyarat analisis meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Uji hipotesis menggunakan teknik analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) karakter siswa termasuk dalam kategori baik dengan skor rerata = 2.75 dalam skala likert 1 - 4, sedangkan karakter siswa yang sangat baik antara lain : jujur , percaya diri, disiplin, etos kerja baik dan menghargai prestasi; (2) karakter warga sekolah termasuk kategori sangat baik dengan skor rerata = 3.20 dalam skala 1-4, sedangkan karakter warga sekolah yang sangat baik yaitu : teladan, visioner, komitmen, komunikatif, amanah, profesional, dan penggiat, (3) persepsi siswa tentang karakter warga sekolah memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap pembentukan karakter siswa kelas XI program keahlian Teknik Gambar Bangunan tahun ajaran 2016/2017 di SMK N 2 Depok Sleman, dengan sumbangan efektif sebesar 24,6%.

Full Text:

PDF

References


Abdullah Munir. (2010). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Agus Setyo Raharjo. (2013). Pengaruh Keteladanan Guru Dan Interaksi Teman Sebaya Terhadap Karakter Siswa. Skripsi. Tidak dipublikasikan. Universitas Negeri Yogyakarta.

Agus Wibowo. (2012). Menjadi GuruBerkarakter : Strategi Membangun Kompetensi dan Karakter Guru. Yogyakarta : Pustaka Pelajar

Darmiyati Zuchdi. (2007). Pendidikan Karakter. Yogyakarta: UNY Press.

Doni Koesoema. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

E Mulyasa. (2003). Menjadi Kepala Sekolah Profesional (Dalam Konteks Menyukseskan MBS dan KBK). Bandung: PT Remaja Rosdakarya

__________. (2013). Menjadi Guru Profesional. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Jihad Akbar. (2016). Hampir Tiap Pekan Polresta Yogya Tangani Tawuran. Diakses tanggal 13 juli 2016 dari jogja.tribunnews.com

Kemendiknas.(2010).Pengembangan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Jakarta

Marzuki, (2011). Konsep Dasar Pendidikan Karakter. Diakses tanggal 27 juni 2014 dari http://staff.uny.ac.id/dr-marzuki-mag/Dr.%

Muchlas Samani & Hariyanto (2012). Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Muhammad Abdul Aziz. (2011). Kriteria Pemimpin Masa Depan , Diakses tanggal 13 mei 2016 dari http://artikeltugaskuliah.blogspot.co.id/2011/12/kriteria-pemimpin-masa-depan.html

Nurla Isna Aunilah. (2011). Menerapkan Pendidikan Karakter di Sekolah. Yogyakarta: Divapress.

Purwanto. (2008). Metode Penelitian Kuantitatif Untuk Psikologi dan Pendidikan. Yogayakarta: Pustaka Pelajar.

Sjarkawi. (2006). Pendidikan Kepribadian. Jakarta: Rineka Cipta.

Soekarto Indrafachrudi (2006). Bagaimana Memimpin Sekolah yang Efektif. Bogor:Ghalia Indah

Sugiyono (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT Rineka Cipta

Syaiful Sagala. (2013). Manajemen Strategik dalam Peningkatan Mutu Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Th. Sukardi. (2011). Peran Bimbingan Kejuruan Terhadap Pembentukan Karakter Kerja Siswa Di Jurusan Mesin SMKN 2 Wonosari. Jurnal Cakrawala Pendidikan, Th.XXX, Edisi Khusus Dies Natalis UNY

Zamtinah. (2011). Model Pendidikan Karakter untuk Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Karakter, Tahun.I Nomor 1- UNY


Refbacks

  • There are currently no refbacks.