Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Macromedia Flash Pada Mata Kuliah Mekanika Fluida Di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta

Chandra Ardiansyah, Didik Purwantoro, ST. M.Eng

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada mata kuliah mekanika fluida di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (JPTSP). Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan media pembelajaran berbasis Macromedia Flash pada mata kuliah mekanika fluida di JPTSP.

Penelitian pengembangan ini mengadaptasi model pengembangan 4D (four-D). Penelitian ini dilakukan melalui empat tahapan utama, yaitu (1) pendefinisian (define) tujuannya untuk mengetahui kebutuhan awal dalam mengembangkan media seperti, tujuan pembelajaran dan kompetensi yang dicapai. (2) Perancangan (design) merupakan tahapan pembuatan storyboard, desain layout, dan penyusunan soal. (3) Pengembangan (develop), pengujian produk media yang divalidasi oleh 2 ahli materi dan 1 ahli media. (4) Penyebaran (disseminate) adalah tahap terakhir dari 4D yakni, penyebaran media pembelajaran yang telah dikembangkan. Metode yang digunakan dalam untuk menganisis data adalah dengan teknik analisis deskriptif kuantitatif yang diungkapkan dalam distribusi skor dan kategori skala penilaian yang telah ditentukan.

Hasil pengembangan diperoleh produk media pembelajaran dengan dengan model pengembangan 4D. Hasil validasi media pembelajaran (1) ahli materi   memperoleh rata-rata 65 termasuk dalam kriteria sangat layak dengan presentase kelayakan 90,2%.  (2) ahli media memperoleh rata-rata 72 termasuk dalam kriteria sangat layak dengan presentase kelayakan 90%. Berdasarkan hasil tersebut maka media pembelajaran yang telah dikembangkan layak untuk digunakan dalam proses pembelajaran mekanika fluida di JPTSP.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.