Pengaruh Etos Kerja dan Prestasi Belajar Siswa Bidang Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu di SMK N 2 Pengasih

Aditya Yudhistira Setyanto, Drs Darmono, MT.

Abstract


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui: (1) Gambaran etos kerja, prestasi belajar siswa bidang kejuruan, dan kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih, (2) Pengaruh etos kerja terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih, (3) Pengaruh prestasi belajar siswa bidang kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih, (4) Pengaruh etos kerja dan prestasi belajar siswa bidang kejuruan secara bersama-sama terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII ProgramKeahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih. Penelitian ini merupakan penelitian expost facto dengan pendekatan kuantitatif. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih sejumlah 29 siswa. Sampel dalam penelitian ini sebanyak 27 responden ditentukan dengan tabel penentuan jumlah sampel oleh Isaac dan Michael dengan tingkat kesalahan 5%, selanjutnya sampel diambil dengan teknik simple random sampling. Data dikumpulkan dengan kuesioner dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan analisis deskriptif, analisis regresi sederhana dan analisis regresi ganda dengan bantuan program Statistic Package for Sosial Science(SPSS) versi 16. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) Etos kerja siswa masuk dalam kategori sangat tinggi dengan nilai rerata 62,15, prestasi belajar siswa bidang kejuruan masuk dalam kategori baik dengan nilai rerata 77,44, kesiapan kerja siswa masuk dalam kategori siap dengan nilai rerata 69,68. (2) Etos kerja memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih dengan taraf signifikansi 0,001 (<0,05), nilai Rx1y lebih besar dari Rtabel (0,583 > ,2656), dan memiliki sumbangan pengaruh sebesar 34%. (3) Prestasi belajar siswa bidang kejuruan memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Program Keahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih dengan taraf signifikansi 0,002 (<0,05), nilai Rx2y lebih besar dari Rtabel (0,569> 0,2656), dan memiliki sumbangan pengaruh sebesar 32,3%. (4) Etos kerja dan prestasi belajar siswa bidang kejuruan secara bersama memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII ProgramKeahlian Teknik Konstruksi Kayu SMK N 2 Pengasih dengan taraf signifikansi 0,001 (<0,05), nilai Ry(1,2) lebih besar dari Rtabel (0,666> 0,2656), berdasarkan hasil analisis disusun persamaan regresi ganda Y = -67,053 + 0,317X1 + 1,511X2 dan memiliki sumbangan efektif sebesar 44,3%.


Full Text:

PDF

References


Agus Suryanto (1998). Kontribusi Prestasi Belajar dan Praktek Industri terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas III Jurusan Bangunan SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Skripsi. IKIP Yogyakarta.

Anonim. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Diakses dari: http://www.google.co.id/UU-Sisdiknas.html

Anonim.(2003). Penjelasan Undang-UndangNomor 20 Tahun 2003 tentangSistemPendidikanNasional. Diakses dari: http://www.google.co.id/UU-20-2003-PJS.html

Ascabut Abdul Gani. (1984). Indikator Kualitas dan Manusia. Jakarta: Prisma.

Burhan Nurgiyantoro. (2002). Statistik Terapan untuk Ilmu-Ilmu Sosial. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press.

Ceppy. (1988). Pendidikan Moral dalam Berbagai Pendekatan. Jakarta: PPLPTK Dirjen Dikti Depdikbud.

Chaplin J. P. (2011).Kamus Lengkap Psikologi (Terjemahan Kartini Kartono). Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

David J. Cherington. (1980). The Work Etic. Amacom.

Depdiknas. 2008. Kamus Besar Bahasa Indonesia Pusat Bahasa Edisi Keempat. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Dewa Ketut Sukardi. (1987). Bimbingan Karir di Sekolah-Sekolah. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Dewa Ketut Sukardi. (1993). Psikologi Pemilihan Karier. Jakarta: Rineka Cipta.

Internet:http://www.sarjanaku.com/2011/02/prestasi-belajar.html

Internet:http://duniabaca.com/definisi-pengetahuan-serta-faktor-faktor-yang-mempengaruhi-pengetahuan.html

Internet:http://kbbi.web.id/

Internet:http://finance.detik.com/read/2014/11/05/pengangguran-di-ri-kebanyakan-lulusan-smk-dan-sarjana

Kemetrian Pendidikan Nasional. (2011). Pedoman Penulisan Tugas Akhir. Yogyakarta: UNY Press.

Nunung Nurhaniah. (2013). Peranan Prestasi Belajar dan Pengetahuan Tentang Dunia Kerja Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri Jurusan Bangunan di Kabupaten Sleman. Skripsi. UNY Yogyakarta.

Sanditya Eka Surya Nugraha. (2015). Kontribusi Etos Kerja dan Prestasi Belajar Siswa Bidang Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa Kelas XII Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 1 Seyegan. Yogyakarta. Skripsi. UNY Yogyakarta.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana. 2001. Metoda Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugihartono, dkk. 2007. Psikologi Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif Kualitaif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (1992). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Sugiyono. 2009. Metode Penilaian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY (eds). (2013). Pedoman Penyususan Tugas Akhir Skripsi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.