Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Kegiatan Ekstrakurikuler Terhadap Kepribadian Siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK Negeri 1 Pajangan

Whewen Lail Shaputra, Drs. Suparman, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) tipe kepribadian siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan; (2) tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler di SMK Negeri 1 Pajangan: (3) pengaruh kegiatan ekstrakurikuler terhadap kepribadian siswa Paket Keahlian Teknik Gambar Bangunan.

Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 91 siswa. Sampel penelitian sebanyak 73 siswa ditentukan berdasarkan tabel Issac dan Michael pada taraf signifikansi 5%. Validitas instrumen penelitian ini adalah expert judgment dan validitas empiris dengan rumus Korelasi Product Moment. Reliabilitas instrumen dihitung menurut Cronbach’s Alpha. Teknik pengumpulan data yang digunakan angket dan dokumentasi. Teknik analisis data digunakan Regresi sederhana.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) tipe kepribadian realistik sebanyak 13 siswa (17,8%), siswa dengan kepribadian intelektual sebanyak 0 siswa (0,00%), siswa dengan kepribadian sosial sebanyak 45 siswa (61,6%), siswa dengan kepribadian konvensional sebanyak 2 siswa (2,7%), siswa dengan kepribadian enterprising sebanyak 10 siswa (13,7%) dan siswa dengan kepribadian artistik sebanyak 3 siswa (4,1%). Jadi dapat disimpulkan bahwa mayoritas siswa dengan kepribadian sosial (61,6%); (2) tingkat partisipasi siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakurikuler masuk dalam kategori sangat tinggi sebesar 68,49%; (3) terdapat hubungan positif dan signifikan antara keaktifan siswa dalam kegiatan ekstrakurikuler terhadap kepribadian siswa (p < 0,05).

Full Text:

PDF

References


Anonim. Pengertian Keaktifan Belajar. Diakses dari http://www.buatskripsi.com/2011/01/ pengertian-keaktifan-belajar-siswa.html. pada tanggal 8 Juni 2015, Pukul 09:04 WIB.

Anonim. Pengertian Macam Keaktifan. Diakses dari http://www.buatskripsi.com/2010/11/pengertian-macam-keaktifan-visuallisan.html. pada tanggal 8 Juni 2015, Pukul 09:10 WIB.

Anonim. Kepribadian. Diakses dari http://repository.usu.ac.id/bitstream/123456789/26923/4/Chapter%20II.pdf . pada tanggal 14 Juni 2015, Pukul 15:00 WIB.

Anonim. Psikologi Umum. Diakses dari http://www.academia.edu/7367067/Psikologi_umum_kepribadian_dan_pengukurannya. pada tanggal 14 Juni 2015, Pukul 17.0 WIB.

Aridya Prayoga. (2013). Analisis Karakteristik Kepribadian Siswa dan Tingkat Kualitas Pelayanan Sekolah (Studi Kasus SMA Ta’miriyah). Jurnal ITS

Atkinson, Hilgrad. (1996). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

______(2003). Pengantar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Dalyono, M. (2002). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Rineka Cipta.

Djemari Mardapi. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Nontes. Yogyakarta: Mitra Cendekia.

Febrianto Tri Nugroho. (2015). Profil Kepribadian Siswa SMKN 1 Sayegan Sleman. Skripsi. UNY

H. Hadari Nawawi. (1991). Metode Penelitian Bidang Sosial. Yogyakarta: UGM Press.

Harmellawati. (2013). Pembinaan Nilai Karakter melalui Kegiatan Ekstrakurikuler Teater di SMK Nusantara Tangerang. Skripsi. UIN JAKARTA.

Koeswara, E. (1991). Teori-teori Kepribadian. Bandung: Eresco.

Lampiran III Peraturan Menteri Pendidikan Dan Kebudayaan Republik Indonesia Nomor 81A Tahun 2013 Tentang Implementasi Kurikulum

Littaur, Florence. Personality Plus. Jakarta: Bina Rupa.

Mahmud, Dimyati. (1990). Psikologi Suatu Pengantar. Yogyakarta: Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP)Yogyakarta.

Maulydia Nina Rakhmawati. (2014). Pengaruh Keaktifan Siswa dalam Kegiatan Ekstrakurikuler dan Kebiasaan Belajar Siswa Program Keahlian Teknik bangunan SMKN 2 Pengasih. Skripsi. UNY.

Novianty Djafri. (2008). Pengaruh Kegiatan Ekstrakurikuler terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Pesantren Al Khaerat Kota Gorontalo. Skripsi. Patty, F. (1982). Dasar-dasar Psikologi. Jakarta: Erlangga.

Prasesty Puspita Dewi Kunadi. (2012). Pengaruh Motivasi Kerja dan Kompetensi Kepala Sekolah terhadap Keefektifan Kinerja Pengaruh Keaktifan Siswa(Whewen Lail Shaputra)10 Sekolah Dasar di Kecamatan Sleman.Skripsi. MP FIP UNY.

Purwanto, Ngalim. (2006). Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Ratmono. (2004). Profil Tipe Kepribadian Siswa Sekolah Menengah Kejuruan BPK Penabur Cirebon Suatu Studi Evaluatif. Jurnal Pendidikan Penabur- No.03/Th. III/Desember 2004.

Rohinah MN. (2012). The Hidden Curriculum Membangun Karakter Melalui Kegiatan Ekstrakurikuler. Yogyakarta: Insan Madani.

Saifuddin Azwar. (2009). Penyusun Skala Psikoogi. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sardiman. (2001). Cara-cara Belajar yang Efektif. Yogyakarta: UGM Press.

Sarwono, Sarlito Wirawan. (2002). Psikologi Sosial. Jakarta: Balai Pustaka.

Sobur, Alex. (2003). Psikologi Umum. Jakarta: Rineka Cipta.

Soetardi. (1991). Metode-metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: PT Gramedia.

Sugiyono. (2007). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

_______. (2008). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

_______. (2009). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

_______. (2010). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

_______. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif,Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Suharsimi Arikunto. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2002). Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan.Jakarta: Rineka Cipta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Sumadi Suryabrata. (2003). Metodologi Penelitian. Jakarta: Grafindo. Pengaruh Keaktifan Siswa(Whewen Lail Shaputra)11

______. (2008). Psikologi Pendidikan. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Sutrisno Hadi. (2004). Analisis Regresi. Yogyakarta: Andi Offset.

Syamsu Yusuf. (2011). Teori Kepribadian. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Tim Penyusun Kamus Pusat Pembinaan dan Pengembangan Bahasa. (1989). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: PN Balai Pustaka.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.