Integrasi Pendidikan Karakter Pada Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak Program Teknik Gambar Bangunan Di SMK Negeri 3 Yogyakarta

Ridwan Andriyanta, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui integrasi pendidikan karakter pada mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak (MdPL) program teknik gambar bangunan di SMK Negeri 3 Yogyakarta, khususnya dalam, (1) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan guru ke dalam Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP), (2) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan guru ke dalam proses belajar mengajar, (3) Mendeskripsikan nilai-nilai karakter yang diintegrasikan guru ke dalam penilaian hasil belajar, (4) Mendeskripsikan kendala-kendala yang dihadapi responden dalam mengintegrasikan pendidikan karakter. Jenis penelitian ini adalah deskriptif kuantitatif - kualitatif. Populasi penelitian ini adalah guru mata pelajaran Menggambar dengan Perangkat Lunak Jurusan Gambar Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jumlah sampel dalam penelitian ini sebanyak 2 guru kelas XI dan XII. Teknik pengumpulan data dengan metode angket, wawancara dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif, baik secara kuantitatif, maupun kualitatif. Hasil penelitian menunjukan bahwa: (1) Integrasi pendidikan karakter pada mata pelajaran MdPL dalam RPP termasuk dalam katagori sebagian besar terlaksana dengan hasil 65%. (2) Integrasi pendidikan karakter dalam proses belajar mengajar mata pelajaran MdPL termasuk dalam katagori sepenuhnya terlaksana dengan hasil 84,90%. (3) Integrasi pendidikan karakter dalam penilaian hasil belajar mata pelajaran MdPL termasuk dalam katagori sepenuhnya terlaksana dengan hasil 80,68%. (4) Kendala terbesar yang dialami responden dalam mengintegrasikan nilai-nilai karakter pada mata pelajaran MdPL adalah kebijakan Dinas Pendidikan yaitu satu kelas diampu oleh satu guru, sehingga sangat membebankan guru dalam proses integrasi nilai karakter pada RPP, Pelaksanaan Pembelajaran serta pada  Penilaian Hasil Belajar.

Full Text:

PDF

References


Anonim. (2011). Program Auto CAD - Pelajaran Teknik Gambar. diakses pada tanggal 04 November 2014 dari http://kuliahdi.blogspot.com/2011/02/program-autocad-pelajaran-teknikgambar.-html

Buchori, Mochtar. (2007). Evaluasi Pendidikan di Indonesia, dari Kweekshool Sampai ke IKIP:1815-1998. Insist Press:Yogyakarta

Dhanang Gunawan. (2010). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Silabus dan RPP. Skripsi

Doni Koesoema A. (2007). Pendidikan Karakter. Jakarta: Gramedia Widiasarana Indonesia.

Hasan, Said Hamid. (2010). Pendidikan Karakter. Jakarta: Grasindo.

Herdian. (2010). Kemampuan Berfikir Kreatif Siswa. Diakses pada tanggal 14 Oktober 2015. Pukul 10.57 WIB dari http://herdy07.wordpress.com/2010/05/27/kemampuan-berfikir-kreatif-siswa/.

Husdarta. (2010). Pendidikan Karakter. Diakses pada tanggal 30 Januari 2015 pada http://www.balitbangdiklat.kemenag.-go.id

Kemdiknas. (2011). Panduan Pelaksanaan Pendidikan Karakter. Jakarta.

Kemdiknas. (2010). Kerangka Acuan Pendidikan Karakter Kemdiknas. Jakarta.

Marzuki. (2010). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Dalam Pembelajaran di sekolah. Diakses pada tanggal 22 mei 2015 dari http://www.google.com/url?q=-http://staf.uny.ac.id/sites/default/files/penelitian.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung. PT. Remaja Rosdakarya.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 20 Tahun 2007. (2007). Tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 103 Tahun 2014. (2014). Tentang Pedoman Pelaksanaan Pembelajaran.

Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 104 Tahun 2014. (2014). Tentang Pedoman Penilaian Hasil Belajar Oleh Pendidik.

Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005. (2005). Tentang Standar Nasional Pendidikan.

Peraturan Pemerintah No. 32 Tahun 2013. (2013). Tentang Perubahan Atas Peraturan Pemerintah No. 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Pusat Bahasa Depdiknas, (2008: 682). Pusat Bahasa Departemen Pendidikan Nasional. Kamus Bahasa Indonesia. Jakarta.

Pusat Kurikulum. (2009). Pengembangan dan Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa: Pedoman Sekolah. Jakarta.

Ramli, T. (2003). Pendidikan Karakter Berbasis Kompentensi Diri. Yogyakarta: Pelangi Publising

Ratna Anindita. (2013). Integrasi Pendidikan Karakter Dalam Silabus Dan Rpp Mata Pelajaran Menggambar Dengan Perangkat Lunak 1 Di Jurusan Teknik Gambar Bangunan Smk Negeri 1 Seyegan Sleman. Skripsi.

Sukmadinata, Nana Syaodih. (2002). Pengembangan Kurikulum teori dan Praktek. Bandung. Remaja Rosda Karya. Cet. V.

Supardi. (2012). Pendidikan Karakter teguhkan Pribadi Bangsa. Diakses pada 3 Maret 2013. Pukul 20.30 dari http://www.erlangga.co.id.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta

Undang-Undang Dasar No. 20 Tahun 2003. (2003). Pasal 3 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Widoyoko, Eko Putro. (2013). Evaluasi Program Pembelajaran. Yogyakarta. Pustaka Pelajar

Wiyani, Novan Ardy. (2012). Manajemen Pendidikan Karakter,Konsep dan Implementasinya di Sekolah. Yogyakarta. Pedagogia

Wahana Komputer. (2011). Gambar Design dengan Auto CAD. Andi


Refbacks

  • There are currently no refbacks.