Kesiapan Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan Di Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 Pada Kelompok Mata Pelajaran Paket Keahlian

Akhsin Huluqi, Dr. Amat Jaedun, M.Pd.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi: (1) Kesiapan perangkat pembelajaran yang dimiliki oleh guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, (2) Kesiapan untuk melaksanakan pembelajaran oleh Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada kelompok mata pelajaran paket keahlian dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013, (3) Kesiapan untuk melaksanakan penilaian pembelajaran oleh guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada kelompok mata pelajaran paket keahlian dalam mengimplemantasikan Kurikulum 2013, (4) Kendala-kendala yang dihadapi oleh Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta pada kelompok mata pelajaran paket keahlian dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013.

Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluasi. Subjek dalam penelitian ini adalah guru pada kelompok mata pelajaran paket keahlian, dari program keahlian Teknik Bangunan SMKN di D.I. Yogyakarta. Data diambil dengan metode kuesioner (angket) dan dokumentasi berupa RPP. Expert Judgement adalah metode untuk melakukan validitas instrument. Alpha Cronbach digunakan untuk menghitung reliabilitas. Analisis data menggunakan skala persentase dari hasil penelitian yang selanjutnya diinterprestasikan sesuai dengan kriteria. Pengujian dilakukan dengan bantuan program computer SPSS versi 19.0 for Windows.

Berdasarkan penelitian yang dilakukan pada sejumlah guru, dapat disimpulkan bahwa: (1) Kesiapan guru dalam menyusun rencana pembelajaran masuk dalam kategori tinggi sebanyak 4 guru (44,5%), (2) Kesiapan guru dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 masuk dalam ketegori tinggi sebanyak 2 guru (22,3%) dan 3 guru (33,3%) masuk dalam kategori sangat tinggi, (3) Kesiapan guru dalam melaksanakan penilaian pembelajaran masuk dalam kategori sangat rendah (44,4%), (4) Sebagian besar guru masih belum memahami mengenai prinsip-prinsip dan penerapan model dengan pendekatan saintific yang sesuai dengan Kurikulum 2013.

Full Text:

PDF

References


Ahmad syafii. 2005. Kesiapan Guru SMK Program Keahlian Teknik Bangunan di Daerah Istimewa Yogyakarta dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada Mata Pelajaran Gambar Teknik. Skripsi. FT UNY: Tidak diterbitkan.

Eusabia Floreza Waybin. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 dalam Proses Pembelajaran di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi. FT UNY: Tidak diterbitkan.

Imas Kurinasih dan Berlin Sani. 2014. Implementasi Kurikulum 2013 & Konsep Penerapan. Surabaya: Kata Pena.

Loeloek Endah Poerwati dan Sofan Amri. 2013. Panduan Memahami Kurikulum 2013. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Mulyana. 2009. Kurikulum yang Disempurnakan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______. 2015. Guru dalam Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remeja Rosdakarya.

Nana Syaodih Sukmadinata. 2015. Pengembangan Kurikulum. Bandung: Rosda.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 70 Tahun 2013 tentang Kerangka Dasar dan Struktur Kurikulum SMK/MAK.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 SMK/MAK.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 64 Tahun 2014 tentang Standar Isi.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 65 Tahun 2014 tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 66 Tahun 2014 tentang Standar Penilaian Pendidikan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan R.I. Nomor 81A Tahun 2014 tentang Implementasi Kurikulum.

Sugiyono. 2009. Metode Penilaian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

________. 2006. Statitstika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Edisi Revisi). Jakarta: Rineka Cipta.

Sukardi. 2010. Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.