Evaluasi Standar Kelayakan Sarana dan Prasarana Ruang Praktik Pada Progam Keahlian Teknik Konstruksi Bangunan SMK Negeri 1 Magelang

Achmad Nurfaidin, Drs. Mohamad Jamin, S.T.,M.T

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana tingkat kelayakan sarana dan prasarana praktik di Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang berdasarkan standar yang dipersyaratkan oleh PERMENDIKNAS  RI No. 40 Tahun 2008.

        Penelitian ini merupakan jenis penelitian evaluatif dengan menggunakan metode studi kasus yang dilakukan di SMK Negeri 1 Magelang. Subyek dalam penelitian ini adalah siswa kelas XI pada Jurusan Teknik Bangunan, sedangkan obyek penelitianya adalah tempat praktik Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang khususnya ditinjau dari sarana dan prasarana ruang praktik. Metode pengumpulan data dengan cara observasi, dokumentasi, wawancara. Instrument penelitian menggunakan checklist yang digunakan pada saat observasi dengan skala penelaian model Rating Scale. Teknik analisis data menggunakan statistik deskriptif, skala persentase sebagai perhitungan data yang sebenarnya dengan standar yang ada.

            Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat ketercapaian kelayakan ditinjau dari prasarana ruang praktik, Ketercapaian kelayakan sarana ditinjau dari perabot pada ruang praktik, peralatan pada ruang praktik, media pendidikan pada ruang praktik, peralatan lain pada ruang praktik di Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 1 Magelang sangat layak dan sesuai dengan standar yang ada, dengan kriteria pencapaian (76% - 100%).

Full Text:

PDF

References


Badan Pusat Statistik. (2015). Keadaan Ketenagakerjaan Februari 2015 No.47/05/Th. XVIII, 5 Mei 2015.

DEPDIKNAS (2008). Pendekatan, Jenis, dan Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Direktorat Tenaga Pendidikan

Fondra Husni Waladi (2012). Pemanfaatan Laboratorium Komputer Teknik Instalasi Tenaga Listrik Untuk Kegiatan Belajar Mengajar SMK N 1 Magelang. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Joko Landung (2010). Evaluasi Sarana dan Prasarana Laboratorium Teknik Elektro SMK Piri 1 Yogyakarta. Skripsi. Universitas Negeri Yogyakarta

Prof. Dr. S. Nasution, M.A. (2003). Berbagai pendekatan dalam proses belajar mengajar. Jakarta : PT. Bumi Askara.

Peraturan Menteri. (2008). Lampiran Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40 Tahun 2008, Tentang Standar Sarana dan Prasarana Skolah menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)

Peraturan Menteri. (2008). Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No. 40Tahun 2008 Tentang Standar Sarana dan Prasarana Skolah menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan (SMK/MAK)

Peraturan Pemerintah. (2005). Lampiran Peraturan Pemerintah Republik Indonesia No. 19 Tahun 2005, Tentang Standar Nasional Pendidikan

Priowirjanto. (2009). Perencanaan Laborarium SMK. Diakses pada 10 April 2016 http:/republika.co.id/.

Riduwan dan Akdon. (2009). Rumus dan Data dalam Analisis Statistik. Bandung: Afabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kombinasi (Mixeed Methods). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2007). Model Evaluasi. Jakarta: Depdikbud.

Undang-undang. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional.

UNY. (2013). Pedoman Tugas Akhir UNY. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Wirawan. (2010). Evaluasi Kinerja Sumber daya Manusia. Teori Aplikasi dan Penelitian Salemba empat. Jakarta

Yatim Riyanto. (2006). Metodologi penelitian pendidikan. Surabaya: SIC.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.