Kontribusi Prestasi Belajar dan Minat Kewirausahaan terhadap Kemampuan Berwirausaha Siswa Kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo

Citra Putri Nareshwari, Prof. Slamet PH, MA., M.Ed., MLHR., MA.,

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui: (1) profil prestasi belajar kewirausahaan di SMK Negeri 2 Pengasih; (2) profil minat kewirasuahaan di SMK Negeri 2 Pengasih; (3) gambaran kemampuan berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih; (4) besar kontribusi prestasi belajar kewirausahaan terhadap kemampuan berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih; (5) besar kontribusi minat kewirausahaan terhadap kemampuan berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih; (6) besar kontribusi prestasi belajar dan  minat kewirausahaan secara bersama-sama terhadap kemampuan berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih.

Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode korelasi ganda. Dalam penelitian ini terdapat dua variabel bebas (X) yaitu prestasi belajar (X1), minat kewirausahaan (X2) dan satu variabel terikat (Y) yaitu kemampuan berwirausaha. Sampel penelitian sebanyak 48 siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo. Sampel ditentukan dnegan teknik proportional random sampling. Uji validitas menggunakan judgement expert, uji reliabilitas menggunakan splif half corelation, uji hipotesis menggunakan korelasi ganda.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Profil prestasi belajar kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo termasuk kategori tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 77,17 atau 89,58%; nilai tertinggi sebesar 92, nilai terendah sebesar 62; (2) Profil minat kewirausahaan siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo termasuk kategori yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata sebesar 75,64 atau 45,83%; nilai tertinggi sebesar 97, nilai terendah sebesar 54; (3) Profil kemampuan berwirausaha siswa kelas XI SMK Negeri 2 Pengasih Kulon Progo termasuk kategori yang sangat tinggi dengan nilai rata-rata 64,08 atau 56,25%; nilai tertinggi sebesar 78, nilai terendah sebesar 51; (4) Prestasi belajar kewirausahaan berwirausaha memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berwirausaha sebesar 23,92%; (5) Minat berwirausaha memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berwirausaha sebesar 27,75%; (6) Prestasi belajar dan minat kewirausahaan secara bersama-sama memiliki kontribusi yang signifikan terhadap kemampuan berwirausaha sebesar 51,67% sesuai persamaan regresi Ŷ = 4,468 + 0,677X1+ 0,437X2

Full Text:

PDF

References


Husaini Usman, Setiady Purnomo. (2006). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.

Suharsimi Arikunto. (2006). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: PT. Rineka Cipta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.