Pengembangan Media Pembelajaran Perencanaan Struktur Balok Beton Bertulang Di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan FT UNY Menggunakan Software Visual Basic.

Anyntya Finanty Sabryna, Ir. Joko Sumiyanto, M.T

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengetahui nilai kelayakan media pembelajaran perencanaan struktur balok beton bertulang di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY menggunakan software visual Basic. Produk media ini berupa aplikasi perhitungan perencanaan struktur balok beton bertulang berbasis komputer yang dikemas dalam bentuk CD.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (analysis, Design, Development, Implementation, Evaluatin). Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 24 Mei 2016 di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa semester 4 kelas A dengan jumlah 35 orang. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data yang dilakukan menggunakan statistik deskriptif.

Hasil penelitian ini menunjukan sebagai berikut: (1) pengembangan media pembelajaran ini melalui 4 tahap yaitu tahap Analysis yang melliputi analisis kebutuhan, analisis peserta didik, analisis instruksional. Tahap Design meliputi penetapan format media, pembuatan bagan alir, penyusunan kerangka bahan. Tahap Development meliputi pengumpulan bahan, penyusunan dan penyelesaian draft, penyuntingan dan revisi. Tahap implementation dengan melakukan validasi media dari ahli materi, ahli media dan uji coba media skala terbatas atau uji coba 8 mahasiswa dan uji coba skala kecil atau uji coba dikelas 35 mahasiswa. (2) Hasil penilaian kelayakan media dari ahli materi mendapatkan skor sebesar 67,00 (persentase kualitas 83,75%) termasuk kategori sangat layak. Hasil penilian kelayakan media dari ahli media mendapatkan skor sebesar 78,30 (persentase kualitas 78,33%) termasuk kategori sangat layak. Hasil penilaian mahasiswa skala terbatas atau uji coba mendapatkan skor sebesar 77,28 (persentase kualitas 76,875%) termasuk kategori layak. Hasil penilaian mahasiswa skala kecil atau uji coba di kelas mendapatkan skor sebesar 72,07 (persentase kualitas 72,11%) termasuk kategori layak.

Full Text:

PDF

References


Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Departemen Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D). Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.