Kesiapan Guru Program Keahlian Teknik Gambar Bangunan SMK N 2 Depok Dalam Mengimplementasikan Kurikulum 2013

CAHYO EKO ERDI SULISTYO, Drs. Sutarto, M.Sc., Ph.D.

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesiapan guru program keahlian teknik gambar bangunan SMK N 2 Depok dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 dalam hal-hal berikut,                        (1) menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), (2) melaksanakan RPP, dan (3) penilaian pembelajaran. Jenis penelitian ini adalah deskriptif. Populasi penelitian ini adalah guru program keahlian teknik gambar bangunan SMK N 2 Depok. Jumlah populasi dalam penelitian ini sebanyak 9 guru program keahlian teknik gambar bangunan SMK N 2 Depok. Teknik pengumpulan data dengan metode angket dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif (rerata). Hasil penelitian menunjukan bahwa: kesiapan guru program keahlian teknik gambar bangunan SMK N 2 Depok dalam mengimplementasikan Kurikulum 2013 pada tingkatan menyusun RPP didapat hasil capaian rerata sebesar 88,24%. Kesiapan guru pada tingkatan melaksanakan RPP didapat hasil capaian rerata sebesar 89,42%. Sementara itu kesiapan guru pada tingkatan penilaian pembelajaran didapat hasil capaian rerata sebesar 90,00%. Kendala yang dialami guru dalam melaksanakan RPP dan penilaian pembelajaran diantaranya: kegiatan insidental sekolah yang mewajibkan peserta didik turut serta sehingga kegiatan pembelajaran tidak berjalan secara efektif, adanya hari libur yang menyebabkan pengurangan kegiatan pembelajaran, peralatan praktik penunjang kegiatan pembelajaran yang tidak layak menyebabkan ketertinggalan perkembangan teknologi masa kini, proses pengumpulan tugas portofolio dari peserta didik yang terlambat, dan kurangnya waktu guru dalam proses pengolahan nilai peserta didik.

 

Kata kunci : kesiapan guru, mengimplementasikan, kurikulum 2013


Full Text:

PDF

References


_______. (2013). 146 Sekolah di DIY akan Ikuti Kurikulum 2013. Diakses dari http://www.harianjogja.com/baca/2013/05/07/kurikulum-2013-146-sekolah-di-diy-akan-ikuti-kurikulum-baru-404040. pada tanggal 13 Maret 2014, Jam 11.23 WIB.

Aprillah, Ahmad. (2013). Implementasi Kurikulum 2013 dan Kesiapan Guru. Diakses dari http://www.academia.edu/3854090/Implementasi_kurikulum_2013_dan_Kesiapan_Guru. pada tanggal 3 Februari 2014, Jam 19.30 WIB

Argawinata, Asep Z. & Widyaiswara (2013). Tantangan Penerapan Kurikulum 2013 bagi Pendidik dan Tenaga Kependidikan. Diakses dari http://www.lpmpjabar.go.id/home/?q=node/916. pada tanggal 6 Februari 2014, Jam 20.06 WIB.

Arikunto, Suharsimi. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta

Daryanto. (2014). Pendekatan Pembelajaran Saintifik Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media

Gunarso, Okta. (2014). Kesiapan Guru Jurusan Teknik Bangunan SMK Negeri 2 Salatiga dalam Implementasi Kurikulum 2013. Skripsi. UNY

Muzamiroh, Mida Latifatul. (2013). Kupas Tuntas Kurikulum 2013. Jakarta: Kata Pena

Munawaroh, Aqilatul. Kurikulum 2013 dan Ujian Nasional di Indonesia. Diakses dari http://edukasi.kompasiana.com/2015/02/15/kurikulum-2013-dan-ujian-nasional-706924.html. pada tanggal 19 Februari 2015, Jam 19.02 WIB

Mulyasa, E. (2005). Kurikulum Berbasis Kompetensi Konsep, Karakteristik, dan Implementasi. Bandung: Remaja Rosdakarya

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya

Panduan Penilaian pada Sekolah Menengah Kejuruan oleh Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan Direktorat Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan

Peraturan Bersama Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Direktur Jenderal Pendidikan Menengah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Nomor: 5946/C/KR/2014 dan Nomor: 7915/D/KP/2014 tentang Petunjuk Teknis Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013 pada Jenjang Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 65 Tahun 2013 tentang Standar Proses.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 66 Tahun 2013 tentang Standar Penilaian.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 60 Tahun 2014 tentang Kurikulum 2013 Sekolah Menengah Kejuruan/Madrasah Aliyah Kejuruan.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 103 Tahun 2014 tentang Pembelajaran pada Pendidikan Dasar dan Menengah

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 160 Tahun 2014 tentang Pemberlakuan Kurikulum Tahun 2006 dan Kurikulum 2013.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nomor 53 Tahun 2015 tentang Penilaian Hasil Belajar oleh Pendidik dan Satuan Pendidikan pada Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah.

Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 74 Tahun 2008 tentang Guru.

Peraturan Pemerintah Nomor 32 Tahun 2013 tentang Standar Nasional Pendidikan.

Putradnyana. (2012). Penyiapan Guru sebagai Implementator Kurikulum 2013. Diakses dari http://edukasi.kompasiana.com/2012/12/27/penyiapan-guru-sebagai-implementator-kurikulum-2013-520175.html. pada tanggal 13 Maret 2014, Jam 08.59 WIB.

Rahayu, Pratiwi Puji. (2009). Kesiapan Guru dalam Menggunakan Metode Problem Solving (Pemecahan Masalah) pada Mata Pelajaran Pendidikan Kewarganegaraan di SMA Negeri se-Kecamatan Karanganyar. Skripsi. UNS

Sartono. (2012). Menyongsong Kurikulum 2013. Diakses dari http://atcontent.com/Publication/878784857071999mb.text//MenyongsongKurikulum2013. pada tanggal 25 Maret 2014, Jam 23.33 WIB.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2012). Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta

Sukardi. (2008). Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara

Suparno P. (2002). Teori Perkembangan Kognitif Jean Piaget. Yogyakarta: Kanisius

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Usman, Husaini & Akbar, Purnomo Setiady. (2009). Pengantar Statistika. Jakarta: Bumi Aksara

W.J.S. Poerwadarminta. 1984. Kamus Umum Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka


Refbacks

  • There are currently no refbacks.