Pengembangan Rubrik Penilaian Sebagai Pedoman Penilaian Gambar Kerja Untuk Calon Guru

Amrizal Abrar, Retna Hidayah, S.T., M.T., Ph.D

Abstract


Tujuan dari penelitian ini adalah untuk membuat sebuah rubrik penilaian untuk gambar kerja & untuk mengetahui kelayakan rubrik penilaian yang dibuat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan metode Research and Development. Subjek dalam penelitian ini adalah dosen, guru SMK Negeri 3 Yogyakarta, industri di bidang konstruksi dan satu kelas mahasiswa PTSP UNY. Teknik pengumpulan data dengan cara wawancara dengan para ahli, observasi, dan dokumentasi (Teknik Delphi). Hasil penelitian ini adalah (1) standar kompetensi arsitektur mencakup tiga kompetensi dasar, pertama kompetensi dasar menggambar site terdapat empat indikator penilaian yaitu konstruksi meliputi arah utara site harus tegak lurus menghadap ke atas dari kertas gambar, harus menunjukkan ukuran persil, ukuran bangunan, garis sembada dan As jalan ketepatan ukuran dari As ke As, ketepatan skala gambar dan kebenaran penggunaan garis, impresi gambar meliputi komposisi garis potongan menggunakan garis tebal 0.5mm dan garis arsir menggunakan garis kombinasi 0.2 mm dan 0.1 mm, garis utama bangunan menggunakan garis 0.3 mm, gambar penunjang (vegetasi) menggunakan garis yang lebih tipis dari garis utama, rendering meliputi arsiran penutup atap, bayangan ketinggian bangunan dan notasi meliputi notasi kolom, ketinggian bangunan, jarak dari As ke As (horizontal dan vertikal). Kedua kompetensi dasar menggambar denah ruang terdapat empat indikator penilaian yaitu konstruksi meliputi pintu masuk utama dari bawah kertas gambar, garis bayangan, simbol potongan dan grid kolom, garis potong dilebihkan 4mm kiri dan kanan dari denah, letak kusen dan arah bukaan pintu dan jendela, furniture ruangan seperti dapur dan kamar mandi, garis arsir simbol dinding terpotong, garis rencana atap, impresi gambar meliputi komposisi garis potongan menggunakan garis tebal 0.5 mm dan garis arsir dinding menggunakan garis kombinasi 0.2 mm dan 0.1 mm dengan kemiringan 45⁰/60⁰ dengan jarak 2mm - 3mm, garis utama bangunan menggunakan garis 0.3 mm, gambar penunjang (vegetasi) menggunakan garis yang lebih tipis dari garis utama, garis ukuran menggunakan 0.2 mm dan penulisan  menggunakan 0.3 mm, rendering meliputi garis tepi dan kolom identitas gambar (etiket gambar) dan notasi meliputi ketinggian lantai bangunan, nama ruang, ukuran per ruang dan ukuran ruang keseluruhan vertikal dan horizontal, jarak dalam meter, kolom di blok, penulisan satu arah baca. Ketiga kompetensi dasar menggambar potongan terdapat empat indikator penilaian yaitu konstruksi meliputi galian, arsir galian dan tanah urug kembali, potongan melintang struktur bawah, pondasi & footplat, sloof, tembok, garis arsir simbol dinding terpotong/trasram, potongan rencana atap, rangka atap beserta komponennya, nama keterangan bagian struktur yang terpotong dan diperlihatkan, ukuran ketinggian/elevasi, impresi gambar meliputi garis arsir dinding menggunakan garis kombinasi 0.2 mm dan 0.1 mm dengan kemiringan 45⁰/60⁰ dengan jarak 2 mm-3 mm, garis utama (bagian yang terpotong) menggunakan garis 0.3 mm, garis detail menggunakan garis 0.2 mm dan 0.1 mm, garis tanah menggunakan 0.5 mm, gambar penunjang (vegetasi) menggunakan garis yang lebih tipis dari garis utama, garis ukuran menggunakan 0.2 mm dan penulisan menggunakan 0.3 mm, rendering meliputi garis tepi dan kolom identitas gambar (etiket gambar), kolom legenda/keterangan simbol pada gambar dan notasi meliputi ketinggian lantai bangunan, ukuran per ruang dan ukuran ruang keseluruhan vertikal dan horizontal, jarak dalam meter, struktur seperti pondasi, sloof, lantai, kolom, balok dan atap yang terpotong didetailkan dimensi, posisi penulangan dan keterangan nya, penulisan satu arah baca.

Full Text:

PDF

References


Djuharis Rasul DKK. (1999). Gambar Teknik. Bandung: Angkasa

E. Mulyasa. (2013). Uji Kompetensi dan Penilaian Kinerja Guru. Bandung: PT Remaja Rosdakarya Offset

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta

Tim Tugas Akhir Skripsi FT UNY. (2013). Pedoman Penyusunan Tugas Akhir Skripsi. Yogyakarta: UNY Press

Suharsimi Arikunto. (2013). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta : Rineka Cipta


Refbacks

  • There are currently no refbacks.