Pengembangan Media Pembelajaran Animasi Interaktif Berbasis Komputer Pada Mata Pelajaran Ilmu Bangunan Gedung Kelas X SMKN 2 Depok Yogyakarta

Irfan Bagus Purnama, Retna Hidayah, S.T., M.T., Ph.D

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan yang bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran khususnya dalam bentuk animasi interaktif berbasis komputer pada mata pelajaran Ilmu Bangunan Gedung pada kompetensi dasar deskripsi dan identifikasi bagian-bagian bangunan dan hubungan antar bagian bangunan.

Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan menggunakan metode penelitian R&D (research and development) dengan model 4-D (four-D) oleh Thiagarajan. Dalam penelitian yang dilaksanakan terdapat 4 tahapan utama, yaitu proses pendefinisian, proses perancangan, proses pengembangan, dan proses penyebaran. Untuk mengukur kualitas dan kelayakan media yang dibuat, peneliti menggunakan beberapa angket untuk mengukurnya, yaitu angket validasi dosen ahli materi, angket validasi dosen ahli media, dan angket minat belajar siswa. Sedangkan untuk mengukur pengaruh media terhadap hasil belajar siswa, peneliti menggunakan soal pretest dan posttest.

Hasil pengembangan didapatkan produk berupa sebuah media pembelajaran animasi interaktif berbasis komputer yang dimuat dalam satu aplikasi untuk perangkat komputer. Penilaian oleh dosen ahli materi mendapatkan predikat “sangat layak” dengan perolehan skor 3,1. Penilaian oleh dosen ahli media mendapatkan predikat “sangat layak” dengan perolehan skor 3,6. Penilian minat belajar siswa mendapatkan predikat : 1) Kelas X TGB A sebelum menggunakan media mendapat predikat “kurang berminat” dengan perolehan skor 2,27, sedangkan setelah menggunakan media mendapat predikat “sangat berminat” dengan perolehan skor 3,3. 2) Kelas X TGB B sebelum menggunakan media mendapat predikat “kurang berminat” dengan perolehan skor 2,26, sedangkan setelah menggunakan media mendapat predikat “sangat berminat” dengan perolehan skor 3,32. Analisis pengaruh media terhadap hasil belajar siswa kelas X TGB A mendapatkan predikat “sedang” dengan nilai gain score 0,6, dan hasil belajar siswa kelas X TGB B mendapatkan predikat “sedang” dengan nilai gain score 0,59.

Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.