Pengembangan Modul Pembelajaran Pengolahan Data Ukur Detail Peta dengan Microsoft Excel dan AutoCad

Muslim Ridho Filhuda, Sunar Rochmadi

Abstract


Tujuan Penelitian ini adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran Pengolahan Data Ukur Detail Peta dengan Microsoft Excel dan AutoCad. Penelitian ini adalah penelitian pengembangan atau research and development (R&D) yang mengacu model pengembangan 4-D (define, design, development, disseminate) oleh Thigarajan. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket yang diberikan kepada ahli materi, ahli media, dan pengguna (mahasiswa). Analisis data pada penelitian ini dilakukan dengan cara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian dan pengembangan media pembelajaran adalah sebagai berikut: (1) Tahap Define, menghasilkan kebutuhan pembelajaran tentang pengolahan data ukur detail peta dengan Microsoft Excel dan AutoCad; (2) Tahap Design, menghasilkan rancangan tata letak layout modul, isi garis besar materi, dan format modul; (3) Tahap Development, menghasilkan tingkat kelayakan modul dengan skor 78,6 oleh ahli materi dalam kategori “Baik”, skor 94 oleh ahli media dalam kategori “Sangat Baik”, dan validasi hasil pengguna dengan skor 89 dalam kategori “Sangat Baik”; (4) Tahap Disseminate, dilakukan uji coba produk secara terbatas di lingkungan prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. Penyebaran dilakukan dengan memberikan softcopy kepada penggunaa dimana nantinya digunakan untuk mendukung proses pembelajaran. Media pembelajaran tentang pengolahan data ukur detail peta dengan Microsoft Excel dan AutoCad dikembangkan dengan metode 4-D milik Thiagarajan. Menghasilkan produk media pembelajaran yang layak digunakan untuk menjadi pendukung proses pembelajaran.


References


Hariyanto, V. L., Jaedun, A., Rahardjo, N. E., & Ma’arif, F. (2020). Implementing Multimedia-Based Integrated Learning of Concrete Construction and Entrepreneurship to Improve the Students’ Entrepreneurial Spirit. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 26(1), 63–75. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.28157

Harta, I., Yani Tromol Pos, J. A., & Kartasura, P. (2014). Pengembangan Modul Pembelajaran untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep dan Minat SMP. PYTHAGORAS: Jurnal Pendidikan Matematika, 9(2), 161–174. http://journal.uny.ac.id/index.php/pythagoras

Jennah, R. (2009). Media pembelajar. Antasari Press.

Marva, F., & Rochmadi, S. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Geomatika II Untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(2).

Nurhuda, H. (2022). Masalah-masalah pendidikan nasional; faktor-faktor dan solusi yang ditawarkan. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar, 5(2), 127–137.

Raharjo, N. E., & Armi, L. E. (2021). Pengembangan modul pembelajaran pembuatan peta batas Kota Yogyakarta menggunakan aplikasi arcgis online untuk mata kuliah praktikum geomatika II. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2), 151–159.

Siswandi, G., & Sukoco. (2015). Pengembangan model teaching factory di bengkel otomotif SMK Karsa Mulya Palangka Raya. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(4), 467–483.

Sobatnu, F. (2018). Survei Terrestris (1st ed.). Poliban Press.

Sugiyono. (2016). Metode penelitian pendidikan pendekatan kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

Sulistyo, G., Santosi, B., & Sumarjo, D. (2021). Pengembangan Modul Teknik Pengukuran Tanah Untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Permodelan Dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(2).

Suragangga, I. M. N. (2017). Mendidik lewat literasi untuk pendidikan berkualitas. Jurnal Pendjaminan Mutu, 3(2), 154–163.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.