Kontribusi Program Bimbingan Karier Kejuruan Terhadap Kesiapan Kerja Siswa SMK Negeri 1 Pajangan

Irfan Aldi Fitrian, Sutarto Sutarto

Abstract


Perkembangan penduduk yang terus meningkat tiap tahun tidak berbanding lurus dengan pertambahan lapangan kerja yang mencukupi. Keadaan itu menyebabkan ketatnya persaingan di antara para pencari kerja, memerlukan pekerja yang punya keterampilan dan kapabilitas unggul untuk berhasil di dalam persaingan itu. Sehingga, perlu ada lembaga ataupun instansi yang punya kapabilitas untuk melatih pekerja dengan ketrampilan sesuai dengan bidang masing-masing. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi program bimbingan karier kejuruan terhadap kesiapan kerja siswa kelas XII Kompetensi Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Pajangan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif. Pengumpulan data menggunakan metode survei, dengan teknik pengumpulan datanya menggunakan angket dan soal tes. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas XII Kompetensi Keahlian DPIB di SMK Negeri 1 Pajangan dengan jumlah populasi sebanyak 55 siswa. Teknik sampling yang digunakan menggunakan proporsional random sampling yaitu sebanyak 48 siswa. Teknik analisis data yang digunakan yaitu teknik analisis regresi linear sederhana dengan software SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat keterlaksanaan program bimbingan karier kejuruan dan kondisi kesiapan kerja siswa keduanya tergolong cukup Kontribusi program bimbingan karier terhadap kesiapan kerja berpengaruh positif signifikan sebesar 0,080 yang berarti bahwa variabel bimbingan karier dapat menjelaskan variabel kesiapan kerja sebesar 8%, sedangkan sisanya dijelaskan oleh variabel bebas yang tidak diteliti dalam penelitian ini.


References


Hasbi. (2019). Kontribusi Pengalaman Prakerin Terhadap Minat Berwirausaha Siswa Smk Program Studi Keahlian Teknik Bangunan . Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 1(1).

Hersey, P., Blanchard, K. H., & Johnson, D. E. (2011). Management of Organizational Behavior: Utilizing Human Resources. Prentice Hall.

Undang–Undang Republik Indonesia No.2 Tahun 1989 tentang Sistem Pendidikan Nasional pasal 11 ayat 3, (1989).

Sasongko, F. D., Malik, A., & Sativa. (2020). Peran Bursa Kerja Khusus (Bkk) Dalam Menyalurkan Siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK N 2 Klaten ke Dunia Industri . Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2).

Sukardi. (1994). Bimbingan Karier di Sekolah-Sekolah. Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.