Pengembangan Media Pembelajaran Modul Digital Matei Menggambar Konstruksi Tangga Beton Bertulang pada Mata Kuliah CAD KM 2 di DPTSP FT UNY

Anisa Dwi Safitri, Retna Hidayah

Abstract


Terdapat beberapa mahasiswa mengalami kendala pada pembelajaran mata kuliah CAD KBM 2, sering kali mahasiswa didorong berpikir kritis guna menyelesaikan kendala yang dialaminya, seperti pemecahan masalah struktural dengan pertimbangan ketentuan-ketentuan yang berlaku. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul digital pada materi menggambar konstruksi tangga beton bertulang mata kuliah CAD KBM 2 di DPTSP FT UNY, serta mengetahui kelayakan modul digital ini dari penilaian ahli. Penelitian ini yaitu penelitian pengembangan (Research and Develpment (R & D)) dengan model 4D yaitu: Define (Pendefinisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), Disseminate (Penyebaran). Metode pengumpulan data menggunakan expert judgement (validasi ahli) dengan bantuan angket validasi materi dan media. Validator adalah dosen ahli materi dan ahli media yang juga dosen pengampu mata kuliah CAD KBM 2 di DPTSP. Teknik analisis data yaitu analisis deskripsi kuantitatif dengan membuat tabulasi data dan menentukan kategori kelayakan modul digital. Hasil penelitian ini yaitu: (1) Define, pada mata kuliah CAD KBM 2 perlu media pembelajaran yang dapat mengakomodasi materi dengan optimal dan flexible terutama pada materi menggambar konstruksi tangga beton bertulang; (2) Design, media yang dikembangkan berupa modul digital dengan format flipbook dan PDF; (3) Develop, berdasarkan penilaian kelayakan, modul digital memperoleh persentase kelayakan materi sebesar 95,33% dan kelayakan media 91,06%; (4) Disseminate, penyebaran melalui dosen pengampu mata kuliah CAD KBM 2 dengan menggunakan link dan barcode  modul. Berdasarkan hasil tersebut maka modul hasil pengembangan ini masuk kategori sangat layak sebagai media pembelajaran.


References


Absari, N., Priyanto, & Muslikhin. (2020). The Effectiveness of Technology, Pedagogy and Content Knowledge (Tpack) in Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), 26 (1), 43-51. https://doi.org/10.21831/jptk.v26i1.24012

Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan. (2019). Rencana Pembelajaran Semester (RPS) Mata Kuliah Computer-Aided Design Konstruksi Bangunan Menggambar (CAD KBM) 2. Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta

Fianti, D. A. (2021). Efektivitas Penggunaan Modul Sistem Utilitas Bangunan Gedung (SUBG) untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta didik Kelas XI SMK Negeri 2 Depok. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3 (2), 192-201. https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2

Hibatullah, A. & Nayono, S. E. (2021). Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih dan Air Kotor Rumah 2 Lantai Mapel Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XII Program Studi DPIB di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3 (2). https://doi.org/10.21831/jpts.v3i2

Laili. (2019). Efektivitas Pengembangan E-Modul Project Based Learning pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran, 3 (3), 306–315. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JIPP/article/download/21840/13513

Maysuroh, S., Wati L., Dwimaulani, A., Yusri, N., & Sholihah, S. Z. (2022). An Analysis on EFL Learners’ Perspectives of Online Learning during Covid-19 Pandemic. Pedagogy: Journal of English Language Teaching, 10 (2), 137-152. https://doi.org/10.32332/joelt.v10i2.5249

Nisa, H. A., Mujib, M., & Putra, R. W. Y. (2020). Efektivitas E-Modul dengan Flip Pdf Professional Berbasis Gamifikasi Terhadap Peserta didik SMP. Jurnal Pendidikan Matematika Raflesia, 5 (2), 13-25. https://doi.org/10.33369/jpmr.v5i2.11406

Samani, M., Sunwinarti, Putra, B. A. W., Rahmadian, R., & Rohman, J. N. (2019). Learning Strategy to Develop Critical Thinking, Creativity, and Problem-Solving Skills for Vocational School Students. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan (JPTK), 25 (1), 36-42. https://doi.org/10.21831/jptk.v25i1.22574

Sugihartini, N. & Jayanta, N. L. (2017). Pengembangan E-modul Mata Kuliah Strategi Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 14 (2), 221-230. https://doi.org/10.23887/jptk-undiksha.v14i2.11830

Sukoco, J. B., Kurniawati, N. I., Werdani, R. E., & Windriya, A. (2019), Pemahaman Pendidikan Vokasi di Jenjang Pendidikan Tinggi bagi Masyarakat. Jurnal Pengabdian Vokasi, 1 (1), 23-26. https://doi.org/10.14710/jpv.2019.4796

Syamsudin, R. N., Hidayat, N., Prihadi, W. R., Malik, A., & Wibowo, D. E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Kerja Plumbing dan Sanitasi di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4 (1), 83-93. https://doi.org/10.21831/jpts.v4i1.49374

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University

Winaryati, E., Munsarif, M., Mardiana, & Suwahono. (2021). Cercular Model of RD & D Model RD & D Pendidikan dan Sosial: Model digunakan pada Pengembangan Platform Digital Model Evaluasi Supervisi Pembelajaran Berbasis 4C’s. Yogyakarta: Penerbit KBM Indonesia

Zagoto, Maria M., Yarni, Nevi; Dakhi, O. (2019). Perbedaan Individu dari Gaya Belajarnya Serta Implikasinya Dalam Pembelajaran. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 2 (2), 259-265. https://doi.org/10.31004/jrpp.v2i2.481

Zinnurain. (2021). Pengembangan E-Modul Pembelajaran Interaktif Berbasis Flip PDF Corporate Edition pada Mata Kuliah Manajemen Diklat. ACADEMIA: Jurnal Inovasi Riset Akademik, 1 (1), 132-139. https://doi.org/10.51878/academia.v1i1.546


Refbacks

  • There are currently no refbacks.