Penerapan Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Bengkel Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY

Dheonita Rahmadini, Nur Hidayat

Abstract


Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) adalah aspek penting yang harus diperhatikan, baik di perusahaan maupun di lembaga pendidikan seperti sekolah dan universitas. Apabila kualitas pendidikan memiliki standar kualitas yang tinggi nantinya dapat dihasilkan sumber daya manusia (SDM) dengan kualitas unggul dan sesuai dengan harapan maka perlunya dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan penerapan terkait Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) di program studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP) FT UNY yang meliputi (1) penerapan K3 di bengkel (2) potensi bahaya yang ada dibengkel (3) hambatan dan upaya pencegahan dalam mengurangi risiko kecelakaan K3 di lingkungan bengkel program studi PTSP FT UNY. Penelitian ini berupa penelitian deskriptif kuantitatif yang dilaksanakan di bengkel batu beton, bengkel kayu, serta bengkel baja logam Program Studi PTSP FT UNY. Responden penelitian ini ialah 1 koordinator bengkel dan 1 teknisi bengkel pada masing-masing bengkel sehingga total responden berjumlah 6 orang. Pengumpulan data penelitian menggunakan wawancara bebas terpimpin, observasi dan dokumentasi. Uji validitas instrumen dilakukan melalui expert judgmen. Analisis data menggunakan statistic deskriptif dengan disajikan dalam bentuk grafik dan disajikan secara ringkas pada tabel yang berupa skor nilai rata-rata kemudian dikategorikan ketercapaian dan dideskripsikan dengan berdasarkan sub indikatornya. Hasil penelitian menunjukkan penerapan sistem manajemen K3 di bengkel PTSP FT UNY memperlihatkan rerata nilai yang baik: bengkel batu beton dengan rerata 97,5, bengkel kayu dengan rerata 109, dan bengkel baja logam dengan rerata 106. Potensi bahaya diidentifikasi sebagai faktor fisik, ergonomi, dan kimia. Hambatan dalam penerapan SMK3 meliputi kurangnya kesadaran mahasiswa, pemahaman terbatas, kebijakan yang perlu diperbarui, dan keterbatasan ruangan. Upaya peningkatan dilakukan melalui penggunaan APD, pembaharuan jobsheet dengan kebijakan K3L, peningkatan, perbaikan, serta pembaharuan di setiap bengkel, dan pembuatan garis kerja di bengkel baja logam dan kayu.

References


Departemen Tenaga Kerja. (1970). Undang-undang Republik Indonesia No. 1 tahun 1970, tentang Keselamatan Kerja. Jakarta: Departemen Tenaga Kerja.

Hidayat, N., & Wahyuni, I. (2016). Kajian Keselamatan dan Kesehatan Kerja Bengkel di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan. Volume 23 No. 1 Mei 2016.

ILO. (2020). Quick guide on sources and uses of statistics on occupational safety and health. https://www.ilo.org/global/statistics-and databases/publications/WCMS_759401/lang--en/index.htm.

Kementerian Tenaga Kerja. (1996). Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor : Per. 05/Men/1996, tentang Sistem Manajemen Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Permenaker, 5, 1–42.

Maksum. (2012). Metodologi Penelitian dalam Olahraga. Surabaya: Unesa University Press. Dewanto, S. A., Munir, M., & Wulandari, B. (2021). Sistem K3 pada Pembelajaran Praktik di Prodi Pendidikan Teknik Elektronika Fakultas Teknik UNY. Elinvo (Electronics, Informatics, and Vocational Education), 5(2), 160–167. https://doi.org/10.21831/elinvo.v5i2.36109.

Pada Pt. Pln (Persero) Up3 Situbondo Skripsi. Universitas Islam Negeri Maulana Malik Ibrahim., 1–170.

Mustari, Rahman, & Zulhajji. (2022). Analisis Implementasi Sistem Manajemen K3 Pada Laboratorium Teknik Instalasi Tenaga Listrik Sekolah Menengah Kejuruan Negeri di Kabupaten Gowa. Jurnal Media Elektrik, 19(2), 120.

Putri, K. (2017). Penerapan Keselamatan Dan Kesehatan Kerja Pada Praktik Kerja Kayu Di SMK Negeri 2 Depok Sleman. 1–11.

Putri, Y. A., Supratman, O., Purwanto, D., & Liu, W.-T. (2023). The Influence of Industrial Work Practices on Student Work Readiness at SMK Negeri 1 Cilaku. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 5(1), 42–53. https://doi.org/10.21831/jpts.v5i1.61858.

Presiden Republik Indonesia. (2012). Peraturan Pemerintah RI No. 50 Tahun 2012, tentang Penerapan Sistem Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

________________. (2003). Peraturan Menteri Tenaga Kerja Nomor 13 Tahun 2003, tentang Ketenagakerjaan. Jakarta: Departemen Tenaga Kerja.

Riduwan, M.B.A. (2015). Dasar-Dasar Statistika. Bandung:Alfabeta.

Rivai, Veithzal. 2013. Manajemen Sumber Daya Manusia dari Teori ke Praktek. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2013). Metodelogi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. (Bandung: ALFABETA).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.