Pengembangan Modul Pembelajaran 3D Modeling Desain Interior Berbasis SketchUp Kelas XII Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Pajangan

Rifqi Al Faruq, Ikhwanuddin Ikhwanuddin

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kemajuan teknologi dengan pemakaian 3D modeling dalam pendidikan SMK. Dari hasil observasi terhadap mata pelajaran APLPIG di SMKN 1 Pajangan, ditemukan permasalahan di antaranya: (1) Belum tersedianya media pembelajaran yang mendukung pencapaian kompetensi khususnya pada pembelajaran 3D Modeling sebagai acuan dalam pembuatan maket interior, (2) Siswa mengalami kesulitan dalam memberikan gambaran terhadap bentuk ruang interior yang akan direalisasikan ke dalam bentuk maket interior, dan (3) Keterbatasan waktu saat praktik, mengingat capaian kompetensi yang cukup kompleks. Maka dari itu, peneliti bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran berbasis SketchUp dengan materi pemodelan interior ruangan. Penelitian ini memanfaatkan metode pengembangan Research and Development. Data penelitian diambil menggunakan angket validasi yang dinilai oleh dosen ahli materi, dosen ahli media, serta penilaian oleh guru selaku calon pengguna. Hasil data penelitian diolah dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif untuk mengetahui tingkat kelayakannya. Hasil pengembangan  modul menunjukkan bahwa: (1) Pengembangan modul menggunakan model 4D, (a) tahap pendefinisian (define) diperlukan media pembelajaran 3D Modeling desain interior sebagai acuan dalam pembuatan maket interior; (b) tahap perancangan (design) menyusun dan menghasilkan modul yang mendukung pencapaian kompetensi; (c) tahap pengembangan (develop) dilakukan validasi dari dosen ahli materi, dosen ahli media, serta guru sebagai pengguna; (d) tahap penyebarluasan (disseminate) penyebaran produk terbatas hanya di SMKN 1 Pajangan melalui guru pengampu mata pelajaran APLPIG. (2) Hasil penelitian didapatkan bahwa penilaian validasi oleh dosen ahli materi mendapat rerata sebesar 4,47 di kategori Sangat Layak, validasi dosen ahli media mendapat rerata sebesar 4,36 di kategori Sangat Layak, dan validasi aspek materi terhadap pengguna mendapat rerata sebesar 4,73 di kategori Sangat Layak, sedangkan aspek media mendapat rerata sebesar 4,94 di kategori Sangat Layak.


References


Adila, Zahrotur Rizki dan Mas Suryanto HS. “Pengembangan Media Pembelajaran 3d Sketchup Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di Smk N 1 Tuban”. Jurnal Kajian Pendidikan Teknik Bangunan (JKPTB) Vol 8, No. 2. 2022.

Saputro, “Pengembangan Modul Pembelajaran AutoCad untuk Mata Pelajaran Gambar Teknik Siswa Kelas X Jurusan Teknik Ketenagalistrikan SMK N 2 Pengasih Kulon Progo”. Jurnal Pendidikan Teknik Mekatronika, Universitas Negeri Yogyakarta, vol. 6, no. 2., pp. 135-142, 2016.

A. Hibatullah, S. E. Nayono, “Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih dan Air Kotor pada Rumah Tinggal Sederhana 2 Lantai pada Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung untuk Kelas XII Program Studi Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta”, Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, vol. 3, no.2, Nov., pp. 181-191, 2021.

B. Wulandari, Suparman, D. Santoso, Muslikhin, and A. D. W. Utami, “Pengembangan Trainer Equalizer Grafis dan Parametris Sebagai Media Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Sistem Audio”. Jurnal Pendidikan Teknik Kejuruan, vol. 22, no. 4, Okt., pp. 373-384, 2015.

H. Yusrina, “Evaluasi Sistem Blok secara Daring pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perencanaan Interior Gedung Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 1 Sedayu”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, vol.4, no.1, Jun., pp. 94-103, 2022.

Luthfiarda, A. dan Agus Santoso. “Pengembangan Modul Pembelajaran Sketchup 3D pada Mata Pelajaran APLPIG Kelas XII DPIB di SMK Negeri 3 Tebo Jambi. Volume 11, No 1, pp. 20-29, Maret 2023.

M. M. Haque, and Y. Jakaria. “Develeopment of Practice Learning Media Based on Programmable Logic Controller”. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, vol. 26, no. 2, Okt., pp. 119-128, 2020.

S. Thiagarajan, D. S. Semmel, M. I. Semmel, Intructional Development For Training Teachers of Exceptional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education, 1974.

Sugiyono, Metode Penelitian Kuantitatif – Kualitatif Dan R&D, Bandung: Alfabeta, 2009.

Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta. 2015.

Supranto, J. Teknik Sampling untuk Survei dan Eksperimen. Jakarta: Penerbit PT Rineka Cipta. 2000

Y. A. Putra, V. L. Hariyanto, “Pengembangan Modul Pembelajaran Mekanika Teknik untuk SMK Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Permodelan dan Informasi Bangunan”. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, vol. 3, no.1, Jun., pp. 54-68, 2021.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.