Pengembangan Video Pembelajaran Atap Kayu Berbasis Animasi pada Mata Kuliah Computer-Aided Design Konstruksi Bangunan dan Menggambar 2

Febrian Yoga Prakosa, Sativa Sativa

Abstract


Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan tujuan mengembangkan media pembelajaran berbasis video animasi untuk materi konstruksi atap kayu pada mata kuliah Computer-Aided Design Konstruksi Bangunan dan Menggambar 2 dan mengukur kelayakan media pembelajaran yang dihasilkan berdasar penilaian ahli media dan ahli materi. Jenis penelitian Research and Development (R&D) dengan menggunakan model penelitian 4-D yaitu: Define (pendefinisian), Design (perencanaan), Development (pengembangan), Disseminate (penyebaran). Produk yang dikembangkan adalah video animasi perencanaan rangka atap kayu untuk mata kuliah CAD KBM 2. Sumber data dalam penelitian ini melibatkan ahli materi dan ahli media yang merupakan dosen Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, Fakultas Teknik, Universitas Negeri Yogyakarta. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan angket. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis statistik deksriptif. Pengukuran penilaian produk menggunakan skala Likert dengan skala penilaian 1 sampai 5 yang kemudian dikonversikan pada kriteria penilaian kelayakan produk menggunakan kurva normal baku. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Media pembelajaran berbasis video animasi telah dikembangkan menggunakan model penelitian 4-D, melalui beberapa tahap yaitu, Define (pendefinisan) yang dilakukan untuk menganalisis permasalahan, Design (perencanaan) yang dilakukan untuk menyusun rancangan awal produk, Development (pengembangan) yang dilakukan untuk mengetahui skor kelayakan dan revisi media, Disseminate (penyebaran) yang dilakukan untuk menyebarluaskan media. (2) Tingkat kelayakan media pembelajaran berbasis video animasi berdasarkan ahli materi memperoleh analisis persentase 87,05%, sehingga dikategorikan sangat layak. Sedangkan berdasarkan ahli media memperoleh analisis persentase 78,75%, sehingga dikategorikan layak. Media Pembelajaran berupa Video Pembelajaran Atap Kayu Berbasis Animasi dalam kriteria layak dan dapat digunakan pada Mata Kuliah CAD KBM 2 di DPTSP FT UNY.

References


Godean. Yogyakarta: Skripsi Universitas Negeri Yogyakarta.

Borg, W. &. Gall (1983). Educational research: and introduction (seventh edition). New York and London: Longman Inc.

Bregger, Y. A. (2017). Integrating Blended and Problem-Based Learning into an Architectural Housing Design Studio A Case Study. Journal of Problem Based Learning in Higer Education, 126-137.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang RI Nomor Nomor 20 Tahun 2003. Jakarta: Depdiknas.

Malik, S. H. (2018). Educational Challenges in 21 st Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 9-20.

Nurtanto, M. (2018). Education Media Development For Clutch (EMC) in Vocational Education: The Concept of Clutch Work. Jurnal Pendidikan Vokasi, 173-183.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.