Pengembangan Video Pembelajaran Praktik Pembuatan Finishing Plesteran Datar dan Sudut untuk Mahasiswa Prodi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Hanif Erdiyanto Gigih S, Dian Eksana Wibowo

Abstract


Mengelola orang-orang di tempat kerja untuk mencapai misi organisasi dan memperkuat budaya yang dilakukan efektif akan dapat membantu untuk merekrut professional yang terampil. Penelitian ini memiliki tujuan membantu mahasiswa dalam memahami lebih lanjut praktikum selain melalui jobsheet yaitu melalui media pembelajran dalam bentuk video pembelajaran atau video tutorial awal pelaksanaan praktikum pembuatan finishing plesteran datar dan sudut praktik kerja batu II Departemen Pendidikan Teknik sipil dan perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Metode penelitian Menggunakan pendekatan penelitian Research and Development (R&D) dengan kerangka kerja 4D yang melibatkan langkah-langkah Define, Design, Development, dan Disseminate. Data dalam studi ini dikumpulkan dalam bentuk angket untuk mengukur kesesuaian komposisi dan skala Likert dengan lima pilihan, yang akan disajikan kepada validator materi dan validator media. Penelitian ini menerapkan teknik analisis data deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian kali ini berupa pengembangan media video pembelajaran pembuatan finishing plesteran datar dan sudut dengan model 4D adalah (1) hasil Define media pembelajaran bertujuan menjadi perangsang syaraf motoric melalui visual, audio dan video yang akan menjadi pandangan awal mahasiswa tentang praktikum pembuatan finishing plesteran Datar dan sudut praktik kerja batu II. (2) Hasil design berupa video pembelajaran dengan vormat MP4 serta media pembelajran dalam bentuk pptm yang didapatkan melalui media yang tealah dicantumkan (3) hasil development penelitian ini mendapatkan nilai 305/350 atau 87 % “Sangat layak” dari ahli materi serta mendapat nilai 90/120 atau 75% yang memiliki kategori “layak” (4) Hasil Disseminate Media pembelajaran kali ini mendapatkan nilai kelayakan dari pengguna sebesar 96% atau 120/125 dengan kriteria sangat layak. Media pembelajaran interaktif media pembelajaran interaktif berupa video pembelajaran pada mata pelajaran Keselamatan dan Kesehatan Kerja di Departemen PTSP FT UNY layak digunakan sebagai sumber belajar bagi mahasiswa.


References


Aan, A. (2010). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Video Demonstrasi Pada Mata Pelajaran Konstruksi Batu Kelas XI Jurusan Teknik Konstruksi Batu Beton SMK Negeri 2 Pengasih. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Rajawali Pers.

Buana, T. K. (2022). Pembelajaran Daring Dimasa Pandemi Covid-19 pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK Negeri 1 Batumandi Kalimantan Selatan. JPTS (Vol. 1).

Dale, E. (1996). How Can Instructors Use the Cone of Experience.

Dian, H. H. (2016). Pengembangan Video Pembelajaran Proses Pembuatan Printed Circuit Board (Pcb) Pada Mata Pelajaran Teknik Kerja Bengkel Program Keahlian Teknik Audio Video.

Dwi Hastutiningsih, A., & Udik Budi Wibowo, dan. (2022). Strategi Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Menghadapi Revolusi Industri 4.0: Studi Kasus di DIY. JPTS (Vol. 1).

Faustina, D. A. (2020). Developing A Learning Video Of Level Using For Longitudinal Leveling On Class X Building Modeling And Information Design In Smk Negeri 3 Yogyakarta.

Krismiyati, K., & Yulia, H. (2022). The Relationship Between Student Engagement and Their Perception of Success in Online Learning. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 29(1), 12–22. https://doi.org/10.21831/jptk.v29i1.53966

Muhasan, H., & Rochmadi, D. S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran OpenStreetMaap untuk Pembuatan Peta Digital Format Shapefile Menggunakan Geofabrik. JPTS (Vol. 1).

Musfiqon. (2012). Pengembangan Media Belajar Dan Sumber Belajar. Prestasi Pustakakarya.

Sadiman, Arief (dkk). (2006). Media Pendidikan (1st ed.). PT Raja Grafindo Persada.

Sathya, S. (2002). A Compilation of The Teaching of Sathya Sai Baba on Education. Sathya Sai Book Center of America.

Siddiq, M. B., Arifin, Z., Sudira, P., & Mutohhari, F. (2021). Evaluation of Online Practical Learning for Light Automotive Engineering during the Covid-19 Pandemic. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 27(2), 167–174. https://doi.org/10.21831/jptk.v27i2.41378

Sudjana, N. · R. Ahmad. (2010). Media Pengajaran (Vol. 2). Sinar Baru Algensindo Offset.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana Univ., Bloomington. Center for Innovation in Teaching the Handicapped. National Center for Improvement of Educational Systems (DHEW/OE).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.