Pengembangan Modul Pembelajaran Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan untuk Siswa Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 3 Yogyakarta

Ari Kurniawan, Nuryadin Eko Raharjo

Abstract


Media pembelajaran Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan di SMKN 3 Yogyakarta belum ada pembaharuan yang sesuai dengan kurikulum merdeka. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui proses pengembangan Modul Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan, 2) mengetahui hasil pengembangan Modul Rencana Biaya dan Penjadwalan Konstruksi Bangunan. Metodologi dalam penelitian ini menggunakan pendekatan penelitian dan pengembangan model 4-D yang terdiri dari empat tahap, yaitu: define (pendefinisian), design (perencanaan), develop (pengembangan), disseminate (penyebarluasan). Data penelitian dikumpulkan menggunakan angket validasi dan dinilai oleh validator, yang merupakan ahli materi dan ahli media serta pengguna (peserta didik dan guru). Pengolahan data menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil Penelitian: (1) Modul yang dikembangkan dengan 4 tahapan yaitu define, design, develop dan disseminate. Design modul menggunakan aplikasi Canva. Isi modul meliputi: cover, judul, daftar isi, kata pengantar, capaian pembelajaran, tujuan pembelajaran, petunjuk penggunaan modul, peta konsep, kegiatan pembelajaran, latihan soal, rangkuman, evaluasi, kunci jawaban, daftar pustaka, glosarium. (2) Modul ini layak menurut ahli materi dengan perolehan skor 93 dari nilai maksimum 100 dan ahli media memperoleh skor 205 dari nilai maksimum 220. Selanjutnya, media dinyatakan layak menurut guru dengan perolehan skor 119 dari nilai maksimum 125 dan hasil uji coba sebanyak 32 siswa memperoleh skor 3546 dari nilai maksimum 4000. Berdasarkan hasil pengujian modul RBPKB ini layak digunakan dalam pembelajaran di kelas XI DPIB SMK Negeri 3 Yogyakarta.


References


Aldo, A. (2020). Pembuatan Modul Pembelajaran Autocad Pada Mata Pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak Dan Perancangan Interior Gedung Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 37-51.

Budijono, A. P., & Kurniawan, W. D. (2012). Enerapan Modul Berbasis Komputer Interaktif untuk Meningkatkan Kualitas Proses dan Hasil Pembelajaran pada Mata Kuliah Pneumatik dan Hidraulik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(2).

Borg, W,. R,. & Gall, J,. P. (2002). Educational research: an Introduction (7th Ed.). New York: Pearson/Allyn & Bacon.

Martubi, M. (2009). Peningkatan Prestasi Belajar Matematika Lanjut Melalui Pembelajaran Menggunakan Modul dan Lembar Kerja dengan Soal Latihan Berjenjang. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 18(1), 85-102.

Putra, Y. A., & Hariyanto, V. L. (2021). Pengembangan modul pembelajaran mekanika teknik untuk SMK kelas X kompetensi keahlian desain permodelan dan informasi bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 3(1), 54-68.

Sudibyanung, S. (2019). Distribusi Normal dan Statistik Inerensial. E-Modul. Yogyakarta: Kementrian Agraria dan Tata Ruang Sekolah Tinggi Pertanahan Nasional. Diakses pada pada 20 Septemeber 2023 dari https://prodi4.stpn.ac.id/wp content/uploads/2020/2020/Modul/Semester% 203/Modul%20Statistik%202019/MODUL2-DISTRIBUSI%20NORMAL%20DAN%20STATISTIK%20INF.pdf.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono (2015). Metode Penelitian Kombinasi (Mix Methods). Bandung: Alfabeta.

Sukmantari, H. N., Marsudi, I., & Raharjo, N. E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Penggunaan ArcGIS Online untuk Pembuatan Peta Penyebaran Gedung: Studi Kasus pada Peta Penyebaran SMK Kompetensi Keahlian DPIB di Daerah Istimewa Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 62-69.

Sutrisno, J. 2008. Peran Multimedia dalam Pembelajaran. Diakses dari http://www.erlangga.co.id/index.php?option=com_content&task=view&id=365&Itemid=336 pada 12 September 2023

Syamsudin. (2005). Psikologi Pendidikan dan Perkembangan. Yogyakarta: Rineka Cipta 2.

Thiagarajan, Sivasailam, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Widodo, C. & Jasmadi. (2008). Buku Panduan Menyusun Bahan Ajar. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.