Pengembangan Modul Digital Menggambar Rencana Atap Kayu pada Mata Kuliah Computer Aided Design Konstruksi Bangunan dan Menggambar 2 (CAD KBM 2) di DPTSP FT UNY

Laila Nur Afidati, Sativa Sativa

Abstract


Pengembangan media pembelajaran berupa modul merupakan solusi dari kompleksitas tugas dengan waktu terbatas. Penelitian ini merupakan suatu eksplorasi pengembangan dengan tujuan menghasilkan sebuah media pembelajaran berupa modul yang inovatif dan efektif. Pembelajaran yang dikhususkan pada matakuliah Computer Aided Design Konstruksi Bangunan dan Menggambar 2 (CAD KBM 2) di DPTSP FT UNY dengan kompetensi dasar menggambar rencana atap kayu. Dalam kerangka penelitian ini, digunakan pendekatan metodologi 4D (Four-D) yang terdiri dari empat tahap inti, yakni pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebaran (disseminate). Dalam rangka menguji kelaziman dan efektivitas media pembelajaran yang dikembangkan, data diperoleh melalui penggunaan angket sebagai metode pengumpulan data yang dipilih. Angket validasi tersebut diisi oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media pembelajaran. Teknik analisis data yang digunakan adalah kuantitatif deskripstif yang dilakukan dengan membandingkan skor yang didapat dengan skor maksimal. Hasil pengembangan didapatkan sebuah produk modul digital menggambar rencana atap kayu. Media ini berisi materi mulai dari pengenalan atap, konstruksi atap kayu, dan langkah-langkah menggambar rencana atap kayu. Pada pengenalan atap terdapat pengertian, jenis bentuk atap, fungsi atap, material atap, dan syarat konstruksi atap. Hasil dari ahli dalam bidang materi bahwa media pembelajaran ini dapat ditempatkan pada klasifikasi "baik sekali," mencapai skor sebesar 85,3%. Di sisi lain, para ahli yang ahli dalam media pembelajaran menilai bahwa media ini memenuhi standar "baik sekali," dengan penilaian mencapai 84,7%. Oleh karena itu, media pembelajaran ini memiliki potensi untuk diadopsi dan disebarluaskan kepada mahasiswa program DPTSP, serta dapat berfungsi sebagai alat pembelajaran mandiri yang dapat diakses secara fleksibel kapan pun dan di mana pun. Media Pembelajaran Modul Digital Menggambar Rencana Atap Kayu dalam kriteria layak dan dapat digunakan.


References


Aghni, I, R. (2018). Fungsi dan Jenis Media Pembelajaran dalam Pembelajaran Akuntansi. Jurnal Pendidikan Akuntasi Indonesia, 16 (1), 98-108.

Azis, N.T. (2019). Annual Conference on Islamic Education and Social Sains (ACIEDSS). Strategi Pembelajaran Era Digital, 1 (1), 308-318.

Malik, S, H. (2018). Educational Challenges in 21 st Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research, 2(1), 9-20.

Martono & Wagiran. (2016). Developing a Learning Module of Computer Numerically Control GSK 983 Machines to Enhance Students Learning Outcomes. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 23(2), 184-191.

Nurtanto, M. (2018). Education Media Development for Clutch (EMC) in Vocational Education: The Concept of Clutch Work. Jurnal Pendidikan Vokasi, 8(2), 173-183.

Sugiyono. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Edisi ke-3. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Thiagarajan, S. dkk. (1974). Instructional Develompent for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indianan University Bloomington.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.