Pengembangan Video Pembelajaran Praktikum Pengujian Karakteristik Aspal Pada Mata Kuliah Praktikum Perancangan Perkerasan Jalan Departemen Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Fitriandy Noor Prasangka, Slamet Widodo

Abstract


Ketersediaan video pembelajaran pada Praktikum Pengujian Karakteristik Aspal akan memudahkan mahasiswa melaksanakan kegiatan belajar mengajar secara mandiri. Penelitian pengembangan ini memiliki tujuan: (1) Melakukan pengembangan media pembelajaran melalui video praktikum mata kuliah Praktikum Perancangan Perkerasan Jalan Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. (2) Mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran yang berbentuk video berdasarkan hasil validasi ahli materi dan ahli media dari Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Metode penelitian yang dipakai yaitu Research and Development (R&D) model 4D. Pengumpulan data menggunakan teknik kuisioner angket yang diserahkan pada dosen validator ahli materi maupun media serta mahasiswa S1 Teknik Sipil Kelas F Departemen Pendidikan Teknik Ssipil dan Perencanaan FT UNY dengan pedoman skor skala likert. Hasil yang didapat dari penelitian ini:(1) Pada tahap define diketahui bahwa kegiatan perkulihan terlkait membutuhkan video pembelajaran untuk memaksimalkan kegiatan perkuliahan. (2) Pada tahap design dihasilkan video dengan format .mp4 dengan resolusi 720p. (3) Pada tahap develop didapat hasil dari uji validasi dan kelayakan oleh ahli media persentase kelayakan media mencapai 86% dan mendapatkan kriteria “sangat baik” dalam validitas media pembelajaran, hasil dari uji validasi dan kelayakan oleh ahli materi persentase kelayakan materi mencapai 89% dan mendapatkan kriteria “sangat baik” dalam validitas media pembelajaran, hasil dari uji kelayakan oleh mahasiswa S1 Teknik Sipil kelas E sejumlah 33 orang mendapatkan persentase kelayakan media pembelajaran memperoleh 93% dan mendapatkan kriteria “sangat baik” dalam validitas media pembelajaran. (4) Tahap Disseminate dilaksanakan dengan menempel poster yang berisi qr code beserta link Google Drive yang menyimpan empat pvideo pembelajaran praktikum yang telah dibuat


References


Miarso. (2004). Menyemai Benih Teknologi Pendidikan. Jakarta: Prenoda Media.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukoco, S., Sutiman, S., & Wakid, M. (2014). Pengembangan media pembelajaran interaktif berbasis komputer untuk peserta didik mata pelajaran teknik kendaraan ringan. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 22(2), 215-226.

Suryani, N. A., dkk. (2018). Perbedaan Hasil Belajar Antara Model Pembelajaran Clis (Children’S Learning in Science) dengan menggunakan Media Kit IPA di SMP Negeri 21 Kota Bengkulu. PENDIPA Journal of Science Education, 2(1), 113-116.

Thiagarajan, S. dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Yudianto, Arif (2017) Penerapan Video Sebagai Media Pembelajaran. In: Seminar Nasional Pendidikan 2017, 09 Agustus 2017, Sukabumi.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.