Pengembangan Video Pembelajaran Praktik Penyambungan Pelat Baja dengan Las Oxy Actylene di Bengkel Baja dan Logam Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Patrisius Irwanto Pratama, Agus Santoso

Abstract


Saat ini mata kuliah praktik baja dan logam perlu adanya pengembangan video pembelajaran terlebih khusus berkaitan dengan praktik pengelasan menggunakan Las Oxy-Acetylene Welding (OAW). Tujuan dari penelitian ini adalah: (1) mengembangkan video pembelajaran yang menjelaskan teknik penyambungan pelat baja menggunakan las Oxy Actylene dengan tipe sambungan butt joint, tee joint, lap joint, dan corner joint dalam mata kuliah praktik baja dan logam. (2) mendapatkan hasil pengembangan media video pembelajaran teknik penyambungan pelat baja menggunakan las Oxy Actylene dengan tipe sambungan butt joint, tee joint, lap joint, dan corner joint dalam mata kuliah praktik baja dan logam. Penelitian ini menggunakan metodologi penelitian dan pengembangan (R&D) dengan menerapkan model 4D (Define, Design, Development, and Dissemination). Subjek penelitian ini adalah mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan yang telah mengikuti praktik baja dan logam, sedangkan objek penelitian adalah video pembelajaran tentang praktik penyambungan pelat baja dengan menggunakan las Oxy Actylene. Pengumpulan data dilakukan melalui penyebaran kuesioner, dan data tersebut dianalisis menggunakan teknik deskriptif kuantitatif dengan mencari nilai rerata. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) model 4D diterapkan dengan langkah-langkah sebagai berikut: a) tahap define membahas konsep pengembangan video pembelajaran, termasuk tujuan pembelajaran dan isi materi las Oxy Actylene. b) tahap design menghasilkan storyboard yang berisi informasi isi materi, penataan media, tim penyusun, dan hasil produk. c) tahap develop melibatkan penilaian dari dosen ahli materi, ahli media, dan pengguna. d) tahap disseminate dilakukan dengan mengunggah video pembelajaran melalui saluran Youtube dan tautan web. (2) hasil pengembangan video pembelajaran adalah telah tersususn video pembelajaran praktik penyambungan pelat baja dengan menggunakan las Oxy Actylene dan sudah dinyatakan “sangat layak” oleh ahli materi dengan skor 4,23 dan dinyatakan “sangat layak” oleh ahli media dengan skorn 4,50 serta presepsi dari pengguna (mahasiswa) memiliki kategori “sangat layak” dengan skor 4,39.

References


Asiatun, K. (2011). Pengembangan Database Evaluasi Diri Jurusan Pendidikan Teknik Boga dan Busana FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 20(2).

Azhar, A. (2003). Media pembelajaran. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Hidayat, W. N., dkk. (2019). Peningkatan Keterampilan Pembuatan Media Pembelajaran Berbasis Augmented Reality untuk Guru SMK. Jurnal Graha Pengabdian, 1(2), 93-103.

Marsudi, I., dkk (2020). Pembelajaran Video Pembelajaran Open Street Map untuk Pembuatan Peta Digital Format Shapefile Menggunakan Spasial Manager. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(2), 190-196.

Muhasan, H. & Rochmadi, S. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran OpenStreetMaap untuk Pembuatan Peta Digital Format Shapefile Menggunakan Geofabrik. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 46-53.

Mustholiq, I., dkk. (2007). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Multimedia Mata Kuliah Dasar Listrik. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 16(1), 1-18.

Sudaryono, dkk. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif R & D. Bandung: Alfabeta.

Susilawati, E. (2018). Cara mudah memanfaatkan rumah belajar tanpa internet. Jakarta: Biro Komunikasi dan Layanan Masyarakat Kemendikbud.

Thiagarajan, dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washington

Titania. T & Widodo. S (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi untuk Mata Pelajaran Mekanika Teknik Kelas X Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK N 2 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, II(2), 89-94.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.