Kontribusi Minat dan Respons Mahasiswa pada Pelaksanaan Pembelajaran Mikro secara Daring terhadap Capaian Pembelajaran Mikro PTSP FT UNY

Aditya Putra Bhayangkara, Sutarto Sutarto

Abstract


Perbedaan pelaksanaan Pembelajaran Mikro menjadi jarak jauh atau daring melalui platform online akan menyebabkan proses pembelajaran kurang optimal. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: (1) kontribusi minat mahasiswa pada Pembelajaran Mikro secara daring terhadap Capaian Pembelajaran Mikro; (2) kotribusi respons mahasiswa pada pelaksanaan Pembelajaran Mikro secara daring terhadap Capaian Pembelajaran Mikro; (3) kontribusi minat dan respons mahasiswa pada pelaksanaan Pembelajaran Mikro secara daring terhadap Capaian Pembelajaran Mikro. Penelitian ini merupakan penelitian ex-post facto dengan pendekatan kuantitatif deskriptif yang dilakukan di PTSP FT UNY. Populasi penelitian ini adalah 90 mahasiswa. Metode pengambilan sampel dengan purposive sampling dari sejumlah populasi sebanyak 40 mahasiswa. Data kuesioner untuk mengungkap minat dan respons mahasiswa. Nilai mata kuliah Pembelajaran Mikro untuk mengungkap Capaian Pembelajaran Mikro. Teknik analisis yang digunakan dalam menguji hipotesis adalah teknik analisis Korelasi Kendall Tau dan Kendall W. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) minat mahasiswa berkontribusi secara cukup dan signifikan terhadap Capaian Pembelajaran Mikro ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,336 dan sig 0,009 < 0,05 pada signifikansi 5%; (2) respons mahasiswa berkontribusi secara signifikan terhadap Capaian Pembelajaran Mikro ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,298 dan sig 0,023 < 0,05 pada signifikansi 5%; (3) minat dan respons mahasiswa berkontribusi cukup dan signifikan terhadap Capaian Pembelajaran Mikro ditunjukkan dengan koefisien korelasi 0,400 > 0,042 pada signifikansi 5%.



References


Depdiknas. (2005). Undang-Undang Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen.

Djaali. (2013). Psikologi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.

Hasbi. (2019). Kontribusi Pengalaman Prakerin terhadap Minat Berwirausaha Siswa SMK Program Studi Keahlian Teknik Bangunan. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 28-37.

Ghozali, I. (2018). Aplikasi Analisis Multivarit dengan Program IBM SPSS. Edisi 7. Semarang: Penerbit Univeritas Diponegoro.

Khairinal. (2016). Menyusun Proposal Skripsi, Tesis, & Disertasi. Jambi: Salim.

Pratama, G. N. I. P., & Suparman. (2019). Peningkatan Keterampilan Mengajar Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY Melalui Metode Drill Berbasis Komunikasi Verbal-Non Verbal. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 1(1), 28-37.

Pratama, G. N. I. P., Hidayat, N., Wahyuni, I. (2020). Peningkatan Keterampilan Pembelajaran Micro Teaching Berbasis Viduk (Video Unjuk Kerja) pada Mahasiswa Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT, UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 2(1), 13-23.

Saifuddin, A. (2015). Sikap Manusia: Teori & Pengukurannya. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sarwono, J. (2015). Membuat Skripsi, Tesis, dan Disertasi dengan Partial Least Square SEM (PLS-SEM). Yogyakarta: Andi.

Sukaswanto. (2013). Mengefektifkan Peran Mahasiswa Peserta Pengajaran Mikro dalam Mensupervisi Pelaksanaan Pengajaran Mikro. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 21(3), 238-245.

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Suparman. (2016). Peningkatan Kemandirian Belajar dan Minat Belajar Mahasiswa Mata Kuliah Elektronika Analog dengan Pembelajaran PBL. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 22(1), 83-88.

Tim Penyusun Panduan Pengajaran Mikro UNY. (2011). Panduan Pengajaran Mikro. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.