Pengembangan Video Pembelajaran Pengenalan Alat Bahan, Pembuatan Spesi dan Pasangan Bata 1 Batu Pada Mata Kuliah Praktik Kerja Batu di Prodi PTSP FT UNY

Widhi Haryoko, Sumarjo Sumarjo

Abstract


Pengembangan media pembelajaran Praktik Kerja Batu sangat diperlukan agar pelaksanaan belajar mengajar lebih efektif dan efisien. Tujuan penelitian ini adalah untuk: (1) mendeskripsikan proses pengembangan video pembelajaran perkenalan alat bahan, pembuatan spesi dan pasangan bata 1 batu. (2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis video pembelajaran menurut ahli materi, ahli media dan mahasiswa atau pengguna. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media pembelajaran pada mata kuliah Praktik Kerja Batu 1 di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY menggunakan metode penelitian Research and Development (RnD) yang beracuan pada model pengembangan yang dikembangkan oleh Thiagarajan yaitu 4D (four-D) dengan tahapan sebagai berikut: (1) tahap pendefinisian (define); (2) tahap perancangan (design); (3) tahap pengembangan (develop), dan (4) tahap penyebaran (desseminate). Pada penelitian ini menggunakan instrument berupa lembar penilaian dengan skala penilaian 1 sampai 5. Instrumen tersebut digunakan pada poses validasi yang dilakukan kepada ahli materi, ahli media dan mahasiswa atau pengguna. Teknik analisis datanya menggunakan analisis kuantitatif. Hasil penelitian pengembangan video pembelajaran ini menunjukkan bahwa: (1) pengembangan video pembelajaran dengan 4D yang pertama Define (pendefinisian) memeproleh data hasil analisis, Desine (perancangan) pengembangan data yang telah didapat, Develop (pengembangan) validasi hasil pengembangan, Desseminate (penyebaran) publikasi hasil pengembangan. (2) penelitian ini mendapatkan hasil penilaian oleh ahli materi dengan kategori layak dengan skor rata-rata 3,98, oleh ahli media dengan kategori sangat layak dengan skor rata-rata 4,50, dan oleh pengguna (mahasiswa) mendapat skor presepsi dengan 37% layak dan 63% sangat layak. Dari hasil analisis tersebut video pembelajaran layak untuk disebarluaskan.


References


Akbar, A., & Noviani, N. (2019). Tantangan dan Solusi dalam Perkembangan Teknologi Pendidikan di Indonesia. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang, 18-25.

Aminullah, M. (2018). Formula Alamin: Alamtologi Communication, Budapest International Research and Critics Institute-Journal (BIRCI-Journal), 1(4), 50-63.

Aminullah, M. & Ali, M. (2020). Konsep Pengembangan Diri Dalam Menghadapi Perkembangan Teknologi Komunikasiera 4.0. Komunike, XII, 1-23.

Sudjana, N. (2006). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Thiagarajan, S., dkk (1974). Instructional Developmental for Training Teachers of Exceptional Children. Blomington Indiana: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.