Pengembangan Video Pembelajaran Pasangan Dinding Batako dan Bata Ringan Pada Mata Kuliah Praktik Kerja Batu I di Departemen PTSP FT UNY

Muhammad Yusron Amri, Sumarjo Sumarjo

Abstract


Pada Mata Kuliah Praktik Kerja Batu I mahasiswa kesulitan mempelajari bagaimana cara memasang batako dan bata ringan dari awal sampai akhir. Hal tersebut disebabkan karena saat pandemi Covid-19 mahasiswa melakukan kuliah jarak jauh dan tidak melakukan praktik secara langsung. Dibutuhkan suatu media pembelajaran agar mahasiswa dapat memahami materi meskipun dengan kuliah jarak jauh. Penelitian ini bertujuan untuk (1) mengetahui proses pengembangan video pembelajaran pasangan dinding batako dan bata ringan di Departemen PTSP FT UNY; (2) mengetahui hasil kelayakan video pembelajaran pasangan dinding batako dan bata ringan di Departemen PTSP FT UNY. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development and Disseminate) oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert berskala 5 yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa: (1) Define, proses pembelajaran daring masih menggunakan media pembelajaran berbentuk jobsheet dan tidak semua kompetensi dijelaskan menggunakan video pembelajaran sehingga diperlukan video pembelajaran pemasangan dinding batako dan bata ringan; (2) Design,video pembelajaran dengan menggunakan aspek rasio 16:9 dan durasi masing-masing video adalah 10 menit yang berisi materi sesuai dengan jobsheet; (3) Develop, hasil validasi  yaitu revisi dari ahli materi untuk penggunaan thin bed mortar pada pasangan dinding bata ringan serta harus menggunakan selang untuk akurasi pengukuran kedataran pada profil, Sedangkan revisi dari ahli media adalah menggunakan siar dengan tebal 1,5 cm pada batako dan 5 mm pada bata ringan; (4)  Disseminate, penyebaran video pembelajaran ini berupa tautan Google Drive dan Youtube. Hasil penilaian ahli materi sebesar 4,33 dengan kategori sangat layak, sedangkan hasil penilaian ahli media sebesar 4,29 dengan kategori sangat layak dan hasil dari penilaian mahasiswa mendapat kategori sangat layak.


References


Aziizu, B. Y. A. (2015). Tujuan Besar Pendidikan adalah Tindakan. Prosiding Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, 2(2), 295-300.

Kusuma, R., & Jaedun, A. (2022). Penerapan Model Pendidikan Karakter Pengajaran Vokasi (Modikar Vokasi) Kelompok Mata Kuliah Teori Kejuruan di FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, 4(1), 70-82.

Marva, F., & Rochmadi, S. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Geomatika II Untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 140-152.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Surat Edaran No 4 Tahun 2020 Tentang Pelaksanaan Kebijakan Pendidikan Dalam Masa Darurat Penyebaran Coronavirus Disease (Covid- 19). Jakarta

Pane, A., & Darwis Dasopang, M. (2017). Belajar dan Pembelajaran. Jurnal Kajian Ilmu-Ilmu Keislaman, 3(2), 333-352.

Syamsudin, R. N., Hidayat, N., Prihadi, W. R., Malik, A., & Wibowo, D. E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(1), 83-93.

Thiagarajan, S dkk. (1974). Instruction Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.