Pengembangan Modul Pembelajaran Aplikasi Revit Mechanical Plumbing untuk Mata Kuliah Konstruksi Bangunan Menggambar II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Mochamad Hafizh, V. Lilik Hariyanto

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh target capaian belajar mata kuliah tersebut Konstruksi Bangunan Menggambar (KBM) JPTSP FT UNY belum tercapai. Tujuan penelitian ini: (1) Menghasilkan modul pembelajaran Revit Mechanical Plumbing pada mata kuliah konstruksi bangunan menggambar II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY, (2) Mengukur tingkat kelayakan modul Revit Mechanical Plumbing yang diperoleh dari pengujian validasi modul oleh dosen ahli materi dan dosen ahli media di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Metode penelitian pengembangan Research and Devlopment (R&D) digunakan dalam dalam penelitian ini. Model yang dipilih dan digunakan adalah Model 4D Thiagarajan yang terdiri dari Define, Design, Development dan Disseminate. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan kuesioner yang diberikan kepada ahli materi, ahli media dan tanpa melakukan uji coba kelayakan kepada pengguna atau mahasiswa dikarenakan keadaan dan situasi pembelajaran pandemi Covid-19. Teknik analisis data menggunakan teknik analisis desktiptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian ini: (1) Tersusunnya modul pembelajaran Revit Mechanical Plumbing untuk mata kuliah Konstruksi Bangunan Menggambar Bangunan II (2) Tingkat kelayakan modul oleh validator ahli materi memperoleh skor 143 dengan rerata 4,76 dengan kategori “sangat layak” dan validator ahli media memperoleh skor 190 dengan rerata 4,04 dengan kategori “layak”. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa modul termasuk ketegori layak digunakan.


References


Nelson, I., Sekarsari, J. (2019). Faktor yang Memengaruhi Penerapan Building Information Modeling (BIM) dalam Tahapan Pra Konstruksi Gedung Bertingkat. Jurnal Mitra Teknik Sipil. Vol. 2, No 4.

Raflis, Yunwono, B., Rayshanda. (2018). Manfaat Penggunaan Builidng Information Modelling (BIM) pada Proyek Konstruksi Sebagai Media Komunikasi Steakholders. Jurnal Construction Engineering and Sustainable Development. Vol 01, No 02.

Sugiyono. (2015) Metode Penelitian & Pengembangan Research And Development. Bandung : Alfabeta.

Thiagarajan & Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.