Pengembangan Video Pembelajaran Praktik Pembuatan Bekisting dan Penulangan Tangga Lingkar Untuk Mahasiswa Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Ade Listanto, Nuryadin Eko Raharjo

Abstract


Praktik Kerja Beton merupakan salah satu mata kuliah di Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Mata kuliah ini memuat materi berupa praktik dalam memproduksi beton. Dalam produk beton terdapat dua elemen penting yakni beton dan tulangan baja. Praktik Kerja Beton mensyaratkan mahasiswa untuk menguasai kompetensi penulangan yang meliputi penulangan dan merangkai footplat dan kolom, balok dan pelat lantai serta tangga dan bekisting. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui proses dan hasil pengembangan video pembelajaran pembuatan bekisting dan penulangan tangga lingkar sebagai media sumber pembelajaran pada mata kuliah Praktik Kerja Beton di JPTSP FT UNY. Penelitian ini menggunakan metodologi Research and Development (R&D) dengan model 4D (Define, Design, Development and Disseminate) oleh Thiagarajan. Instrumen yang digunakan berupa angket skala Likert berskala 5 yang diberikan kepada ahli materi dan ahli media. Penelitian ini menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif. Hasil dari penelitian ini berupa: (1) Hasil define, mahasiswa membutuhkan media pembelajaran yang mampu menumbuhkan gambaran sebelum melaksanakan praktik pada mata kuliah Praktik Kerja Beton. (2) Hasil design, media video pembelajaran berformat Mp4 dengan resolusi 720p (3) Hasil development, adalah validasi dari ahli materi dengan perolehan skor 219 dari skor maksimal 280 masuk kategori “layak”, penilaian ahli media dengan perolehan skor 104 dari skor maksimal 120 masuk kategori “sangat layak”. (4) Hasil disseminate, video pembelajaran dikompilasi kemudian dibagikan ke dosen dan mahasiswa melalui YouTube.


References


Thiagarajan & Sivasailam. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Washinton DC: National Center for Improvement Educational System.

Widoyoko, Eko Putro S. (2009). Evaluasi Program Pembelajaran (Panduan Praktis Bagi Pendidik dan Calon Pendidik), Yogyakarta: Pustaka Pe


Refbacks

  • There are currently no refbacks.