Pengembangan Modul Pembelajaran Pemetaan Bangunan Cagar Budaya di Purworejo Menggunakan Arcgis Online

Uswatun Chasanah, Sunar Rochmadi

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya persaingan antara peran teknologi dan peran manusia dalam keterampilan penggunaan ArcGIS Online di dunia kerja. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan media pembelajaran berupa modul pembelajaran pemetaan Bangunan Cagar Budaya di Purworejo menggunakan ArcGIS Online pada mata kuliah Praktikum Geomatika II di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan UNY. Metode yang digunakan dalam penelitian ini yaitu penelitian dan pengembangan atau Research and Development (R&D), digunakan model 4D (four-D) yang dipaparkan Thiagarajan. Pada penelitian ini, teknik pengumpulan data dilakukan dengan menyebar angket/kuesioner kepada responden. Penelitian ini menggunakan teknik deskriptif kuantitatif sebagai teknik analisis data. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tahap pendefinisian (Define) untuk memperoleh kebutuhan dalam penggunaan ArcGIS Online untuk membuat pemetaan Bangunan Cagar Budaya di Purworejo. (2) Tahap perancangan (Design), media pembelajaran yang dipilih yaitu modul pembelajaran. (3) Tahap pengembangan (Develop), tahap ini dilakukan validasi ahli materi, dan ahli media kemudian dilakukan uji kelayakan kepada pengguna, dan tahap penyebaran. Kelayakan modul pembelajaran berdasarkan penilaian dari ahli materi, yaitu 4,60 dengan kategori “Sangat Layak”, ahli media sebesar 4,62 dengan kategori “Sangat Layak”, dan uji kelayakan pengguna sebesar 4,36 dengan kategori “Sangat Layak”. (4) Dan tahap penyebaran (Disseminate), tahap ini penyebaran dilakukan dengan membagikan soft copy modul melalui WhatsApp, meng-upload modul ke web serta menyerahkan file pdf kepada dosen pengampu mata kuliah Praktikum Geomatika II.


References


Asyhar, R. (2012). Kreatif Pengembangan Media Pembelajaran. Jakarta: Referensi Jakarta.

Depdiknas. (2005). Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas.

Donya, M. A. C., Sasmito, B., & Nugraha, A. L. (2020). Visualisasi Peta Fasilitas Umum Kelurahan Sumurboto dengan Arcgis Online. Jurnal Geodesi UNDIP, 9(4), 52-58.

Rainsz, E. (1948). General Cartography. New York: Mc Graw-Hill.

Sudira. (2018). Metodologi Pembelajaran Vokasional Abad XXI Inovasi, Teori, dan Praksis. Universitas Negeri Yogyakarta: UNY Press.

Thiagarajan, S., Semmel, D. D., & Semmel, M. I, (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: U.S. Office of Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.