Pengembangan Video Pembelajaran Perencanaan dan Penulangan Struktur Rangka pada Mata Kuliah CAD KBM 2 Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Feby Adhitya Kristanto, Retna Hidayah

Abstract


Mahasiswa mengalami kesulitan untuk merencanakan dimensi elemen balok maupun kolom dan tebal selimut beton serta penentuan jenis, ukuran, jarak, penempatan, penyaluran, sengkang, dan kait tulangan sesuai dengan denah yang dibuat, sehingga diperlukan pengembangan media pembelajaran dengan bentuk video. Tujuan dari penelitian ini yaitu mengembangkan video pembelajaran Perencanaan dan Penulangan Struktur Rangka yang layak pada mata kuliah Computer-Aided Design Konstruksi Bangunan dan Menggambar 2 (CAD KBM 2) DPTSP FT UNY. Penelitian ini termasuk Research and Development (R&D) dengan menerapkan model 4D (Define, Design, Development, and Disseminate) oleh Thiagarajan. Langkah awal pengembangan dilakukan dengan mengidentifikasi permasalahan termasuk melakukan analisis peserta didik. Pemilihan media disesuaikan dengan karakteristik mata kuliah dan berdasarkan informasi yang didapat dari analisis awal. Dipilih angket karena faktor kemudahan penerapannya sebagai alat pengumpulan data. Setelah dilakukan perbaikan berdasarkan penilaian ahli, produk dikemas dan disebarkan. Hasil dari penelitian ini yaitu: (1) Define, didapati pada tahap analisis awal bahwa proses pembelajaran sudah menerapkan metode problem-based learning dengan berbagai cakupan keterampilan tetapi perlu didukung blended learning dengan media yang relevan karena kerumitan tugas dan keterbatasan waktu; (2) Design, pada tahap ini dipilih dan dihasilkan rancangan video yang menjelaskan perencanaan dimensi elemen dan tebal selimut beton, serta penentuan jenis, ukuran, jarak, penempatan, penyaluran, sengkang, dan kait tulangan; (3) Development, pada tahap pengembangan dilakukan uji kelayakan media oleh ahli materi dan ahli media dari dosen JPSTP FT UNY. Saran dan penilaian dari dosen ahli digunakan sebagai acuan perbaikan media. Diperoleh hasil skor ahli materi sebesar 4,62 termasuk kategori “Sangat Layak”. Skor ahli media sebesar 4,04 termasuk kategori “Layak”. (4) Disseminate, pada tahap pengemasan dan penyebaran video pembelajaran dilakukan dalam bentuk tautan YouTube dan Google Drive.


References


Brame. C. J., (2016). Effective Educational Videos: Principles and Guidelines For Maximizing Student Learning From Video Content. CBE-Life Sciences Education. 15(4). es6.

Bregger, Y. A. (2017). Integrating Blended and Problem-Based Learning Into an Architectural Housing Design Studi: A Case Study. Journal of Problem-Based Learning in Higher Education. 5(1). 126-137.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Malik, R. S. (2018). Educational Challenges in 21st Century and Sustainable Development. Journal of Sustainable Development Education and Research. 2(1). 9-20.

Marsudi, I., Ramadani, F.Y., Rochmadi, S., Raharjo, N. E., & Hidayat, N. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Open Street Map untuk Pembuatan Peta Digital Format Shapefile Menggunakan Spatial Manager. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil. 2(2). 190-196.

Mendrofa, I. J., Syah, N & Putra, R. R. (2020). Pengembangan Media Video Pembelajaran pada Mata Kuliah Teknologi Beton. Jurnal Ilmiah Pendidikan dan Pembelajaran. 4. 48-61.

Ramadhani, R., dkk (2020). Belajar dan Pembelajaran: Konsep dan Pengembangan. Sumatera Utara: Yayasan Kita Menulis.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Kuantitatif. Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukardjo. (2008). Desain Pembelajaran: Evaluasi Pembelajaran”. Hand-out Perkuliahan: PPs Universitas Negeri Yogyakarta.

Thiagarajan, S. (1974) “Instructional development for training teachers of exceptional children: A sourcebook”. 1974.

Warju, S. R. Ariyanto, Soeryanto, R. S. Hidayatullah, & Nurtanto, M. (2020). Practical Learning Innovation: Real Condition Video-Based Direct Instruction Model in Vocational Education. Journal of Educational Science and Technology. 6(1). 79-81.

Warno, K & Widihastuti, A. T. (2020). Pengembangan Video Tutorial Teknologi Busana Terhadap Hasil Belajar Mahasiswa D4 Tata Busana FT UNY. Prosiding Pendidikan Teknik Boga Busana. 15(1).


Refbacks

  • There are currently no refbacks.