Pengembangan Video Pembelajaran Perencanaan dan Penulangan Tangga pada Mata Kuliah CAD KBM 2 Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Ilham Maulana Az, Sativa Sativa

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kesesuaian media pembelajaran yang digunakan pada mata kuliah CAD Konstruksi Bangunan dan Menggambar (KBM 2) di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, UNY sehingga dapat menunjang kegiatan pembelajaran menjadi lebih efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan media berupa video pembelajaran untuk mengetahui tingkat kelayakan media pada saat digunakan di materi perencanaan dan penulangan tangga dalam mata kuliah CAD Konstruksi Bangunan dan Menggambar (KBM 2). Penelitian pengembangan ini menggunakan model Four D (4D) dengan tahapan, yaitu; define (pendefinisian), design (perencanaan), development (pengembangan), dan disseminate (penyebaran). Teknik pengumpulan data diambil dari dosen ahli materi dan dosen ahli media dengan menggunakan penilaian berupa angket dan menggunakan skala likert untuk mengukur tingkat kelayakan media. Analisis data didapat dari perhitungan rerata penilaian angket dan dsesuaikan pada tabel kategori kelayakan media pembelajaran. Hasil dari penelitian pengembangan ini melalui tahapan, diantaranya; (1) Tahap define yaitu menganalisis kondisi awal, analisis peserta didik, analisis konsep, dan tujuan pembelajaran; (2) Tahap design yaitu merancang video pembelajaran dari pembuka, isi materi, dan penutup; (3) Tahap development yaitu uji validasi dari ahli materi dan ahli media terkait pengembangan video pembelajaran; (4) Tahap disseminate yaitu penyebaran media melalui link google drive dan youtube. Hasil penilaian kelayakan menurut dosen ahli materi dengan rerata skor 4,62 kategori “Sangat Layak” dan penilaian ahli media 3,52 kategori “Layak” untuk digunakan.


References


Arikunto, S. (2006). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Hananta, R. O. & Sukardi, T. (2018). Pengembangan Model Media Video pada Pembelajaran Praktik Pemesinan Bubut. Jurnal Dinamika Vokasional Teknik Mesin, 3(2), 121-129.

Maimunah, M. (2016). Metode Penggunaan Media Pembelajaran. Al-Afkar: Jurnal Keislaman & Peradaban, 5(1).

Mantiri, J. (2019). Peran Pendidikan dalam Menciptakan Sumber Daya Manusia Berkualitas di Provinsi Sulawesi Utara. Jurnal Civic Education: Media Kajian Pancasila dan Kewarganegaraan, 3(1), 20-26.

Rohmawati, A. (2015). Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Usia Dini, 9(1), 15-32.

Rusman. (2012). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesional Guru. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada.

Syarif, I. (2012). Pengaruh Model Blended Learning terhadap Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 2(2).

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmel, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: U.S. Office of Education.

Umarella, S., Saimima, M.S., & Hussein, S. (2018). Urgensi Media dalam Proses Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 237.

Zega, A. (2021). Penerapan Model Project Based Learning (PjBL) dalam Mata Kuliah Konstruksi Bangunan pada Mahasiswa Prodi Teknik Bangunan IKIP Gunungsitoli. Edumaspul: Jurnal Pendidikan, 5(1), 622-626.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.