Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan iSpring Suite 9 pada Materi Pengujian Sifat Mekanik Kayu dalam Mata Kuliah Pengujian Bahan Bangunan di Jurusan Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta

Binar Falah Satria, Agus Santoso

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media dalam pembelajaran pengujian sifat mekanik kayu yang terdapat dalam mata kuliah Pengujian Bahan Bangunan di JPTSP FT UNY yang masih terbilang minim sehingga beberapa siswa mengalami kesulitan dalam memahami langkah-langkah dalam pengujian. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk: Mengembangkan media pembelajaran menggunakan iSpring Suite 9 pada materi pengujian sifat mekanik kayu serta tingkat kelayakannya pada materi pengujian sifat mekanik kayu dalam mata kuliah Pengujian Bahan Bangunan di JPTSP FT UNY. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian R&D dan model pengembangan 4D. Pada model ini memiliki 4 tahapan pengembangan, yaitu: (1) tahap define atau pendefinisian, (2) tahap design atau perancangan, (3) tahap develop atau pengembangan, (4) tahap disseminate atau penyebaran. Penelitian dilakukan di JPTSP FT UNY dalam mata kuliah Pengujian Bahan Bangunan materi pengujian sifat mekanik kayu. Metode pengumpulan data menggunakan observasi dan mengedarkan angket. Angket peniliaian pada penelitian ditujukan kepada ahli media, dan ahli materi yang sekaligus berlaku sebagai tenaga pengajar. Kemudian hasil data penilaian para ahli dianalisis dengan teknik deskriptif kuantitatif dengan mencari nilai reratanya dan dikonversi ke dalam lima kategori kelayakan.Hasil penelitian ini berupa: (1) Media pembelajaran iSpring Suite 9 untuk pengujian sifat mekanik kayu menggunakan pengembangan 4D. Pada tahap define ditemukan masalah, yaitu beberapa mahasiswa memiliki kesulitan dalam memahami langkah-langkah pada pengujian sifat mekanik kayu. Pada tahap design dilakukan perancangan media pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik mahasiswa dan capaian pembelajaran mata kuliah. Pada tahap develop dihasilkan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi iSpring Suite 9 dan telah dinyatakan layak oleh ahli media dan ahli materi. Pada tahap disseminate penyebaran media dilakukan dengan menggunakan unggahan Google Drive; (2) tingkat kelayakan dari pengembangan media pembelajaran mendapatkan skor sebesar 75,78 dari ahli media dan masuk ke dalam kategori “Layak”, sedangkan dari ahli materi mendapat skor 84 dan masuk ke dalam kategori “Layak”.


References


Novitasari, Y. S., Adrian, Q. J., & Kurnia, W. (2021). Rancang Bangun Sistem Informasi Media Pembelajaran berbasis Website (Studi Kasus: Bimbingan Belajar De Potlood). Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi (JTSI), 2 (3), 136-147.

Rejeki, Adnan, M. F., & Siregar, P. S., (2020). Pemanfaatan Media Pembelajaran Pada Pembelajaran Tematik Terpadu di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4 (2), 337-343.

Sadikin, & Hamidah. (2020). Pembelajaran Daring di Tengah Wabah Covid-19. BIODIK: Jurnal Ilmiah Pendidikan Biologi, 6(2), 214–224.

Suartama, I. K. (2010). Pengembangan Multimedia untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran pada Mata Kuliah Media Pembelajaran. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 43, 3.

Thiagarajan, S., Semmel, D. S., & Semmel, I. M. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Wahyono, P., Husamah, H., & Budi, A. S. (2020). Guru Profesional di masa pandemi COVID-19: Review implementasi, tantangan, dan solusi pembelajaran daring. Jurnal Pendidikan Profesi Guru, 1(1), 51–65.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.