Pengembangan Modul Pembelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XII Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan di SMK Negeri 3 Metro

Reza Damil Valefy, Satoto Endar Nayono

Abstract


Latar belakang penelitian ini adalah keterbatasan sumber belajar siswa Kelas XII Kompetensi Keahlian DPIB SMK N 3 Metro pada mata pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung. Tujuan dari penelitian pengembangan ini, yaitu untuk menghasilkan media pembelajaran berupa Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Konstruksi dan Utilitas Gedung bagi siswa Kelas XII. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D). Model pengembangan yang digunakan adalah four-D yang terdiri dari empat tahapan, yaitu: define, design, develop, dan disseminate. Untuk melakukan pengujian terhadap kelayakan modul menggunakan angket sebagai instrumen penilaian. Angket ditujukan kepada dosen ahli media dan ahli materi, serta guru untuk diberi penilaian dengan predikat “Sangat Layak”, “Layak”, “Cukup Layak”, “Tidak Layak”, “Sangat Tidak Layak”. Hasil dari penelitian pengembangan modul Konstruksi dan Utilitas Gedung sebagai berikut: (1) Proses pengembangan modul dilakukan melalui empat tahap, (a) Tahapan pendefiniasan, (b) Tahapan perancangan, (c) Tahapan pengembangan, (d) Tahapan penyebarluasan. (2) Hasil penilaian kelayakan modul oleh ahli materi dan guru diperoleh skor rata-rata 3,90 dengan predikat layak, hasil penilaian ahli media diperoleh skor rata-rata 4,57 dengan predikat sangat layak.


References


Azka, H. H. A., Setyawati, R. D., dan Albab, I. U., (2019). Pengembangan Modul Pembelajaran. Imajiner: Jurnal Matematika dan Pendidikan Matematika, 1(5), 224-236

Depdiknas. (2003). Undang-Undang RI No. 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasional. Jakarta.

Putra, H. (2020). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Pelajaran Konstruksi Dan Utilitas Gedung Kelas XI Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan Dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 3 Yogyakarta. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta

Rhilmanidar, Ramli, M. Ansari, B. I. (2020). Efektivitas Modul Pembelajaran Berbantuan Software GeoGebra pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar. Jurnal Didaktik Matematika, 7(2), 142-155

Sugiyono. (2010). Statistika Untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., Semmel, D. D., & Semmel, M. I, (1974). Instructional Develop for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: U.S. Office of Education


Refbacks

  • There are currently no refbacks.