Pengembangan Modul Pembelajaran Konstruksi Jalan dan Jembatan Bagi Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 2 Yogyakarta

Deani Deani, Agus Santoso

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan pembuatan modul konstruksi jalan dan jembatan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dan mengetahui bagaimana tingkat layak dari modul konstruksi jalan dan jembatan sebagai media pembelajaran peserta didik di SMK Negeri 2 Yogyakarta. Metode penelitian research and development adalah model penelitian yang digunakan pada penelitian pengembangan modul pembelajaran konstruksi jalan dan jembatan ini. Dalam penelitian yang digunakan ialah model four D yang memiliki 4 tahapan: define, design, develop, dan disseminate. Penelitian ini diselenggarakan di SMK Negeri 2 Yogyakarta dengan subjek penelitian yaitu ahli materi, ahli media, dan pengguna yaitu pendidik dan peserta didik. Teknik pengumpulan data dilaksanakan melalui observasi dan mengedarkan angket. Analisis data menggunakan dua teknik yakni analisis kuantitatif.  Hasil penelitian adalah disusun modul pembelajaran yang dapat membantu proses belajar dan dijadikan sebagai acuan dalam belajar. Modul pembelajaran ini telah melewati tahap validasi oleh para ahli dengan diperoleh hasil dari ahli materi yaitu mendapatkan nilai rerata 3,67 sehingga mendapat kategori sangat layak, dari ahli media yaitu mendapatkan nilai rerata 3,92 sehingga mendapat kategori sangat layak, dari pendidik yaitu mendapatkan nilai rerata 3,7 sehingga mendapat kategori sangat layak, dari 20 peserta didik yaitu mendapatkan nilai rerata 3,34 sehingga mendapatkan kategori sangat layak.


References


Afif, R.T. (2013). Pengaruh Kebiasaan Belajar & Motivasi Belajar Terhadap Prestasi Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Seni Budaya. Bandung: Universitas Pendidikan Indonesia.

Depdikbud. (2003). Undang-Undang RI Nomor 20, Tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Direktorat Pembinaan Sekolah Menengah Kejuruan. (2019). Pedoman pengembangan modul pembelajaran SMK. Jakarta: Kementrian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kuncoro, M. (2003). Metode Riset untuk Bisnis & Ekonomi. Jakarta: Erlangga

Sugiyono. (2012). Metode penelitian pendidikan pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.