Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Autocad Berbasis Adobe Flash

Ricko Destu Ardhiansyah, Sumarjo Sumarjo

Abstract


Penelitian dilatarbelakangi oleh banyak guru yang belum memahami dan menyesuaikan metode dan cara merealisasikan materi kepada para peserta didik sehingga peserta didik kurang memahami dengan baik mengenai materi yang sudah dijelaskan. Penelitian akan berfokus kepada pengembangan media pembelajaran interaktif dengan tujuan mengembangkan dan mengetahui tingkat kelayakan media pembelajaran Adobe Flash menurut para ahli pada mata pelajaran Aplikasi Perangkat Lunak dan Perancangan Interior Gedung. Metode penelitian yang digunakan adalah research and development dengan model 4D meliputi define, design, develop, dan disseminate. Subjek penelitian merupakan peserta didik kelas XI Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK N 2 Wonosari. Angket menggunakan skala likert 5 pilihan, selanjutnya didistribusikan kepada ahli materi, ahli media, guru, dan peserta didik sebagai pengguna (subjek penelitian). Kelayakan media pembelajaran media pembelajaran dari ahli materi diperoleh skor 4,63 dengan kategori “sangat layak”. Selanjutnya kelayakan media pembelajaran dari ahli media diperoleh skor 4,07 dengan kategori “layak”. Untuk kelayakan media pembelajaran dari guru diperoleh skor 4,25 dengan kategori “sangat layak”. Sedangkan kelayakan media pembelajaran dari ahli materi diperoleh skor 4,71 dengan kategori “sangat layak”.


References


Arsyad, Azhar. (2011). Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Kemp, J.E. dan Dayton, D.K. (1985). Planning and Producing Instructional Media. Cambridge: Harper & Row Publishers, New York.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Pranowo, G. 2011. Kreasi Animasi Interaktif dengan Action Script 3.0 pada Flash CS5. Yogyakarta: Andi Offset.

Sudjana, N. (2000). Cara Belajar Siswa Aktif. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.