Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Aplikasi Android pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta

Alfiyyah Durrotun Nasehah, Slamet Widodo

Abstract


Media pembelajaran berperan penting dalam dunia pendidikan. Media pembelajaran merupakan alat bantu yang berperan dalam tersalurkannya pesan dari pendidik kepada yang didik agar pikiran, perasaan, perhatian, dan minat peserta didik dapat dirangsang untuk belajar. Penggunaan media pembelajaran akan lebih memotivasi siswa untuk aktif belajar dan berimajinasi. Penggunaan media pembelajaran akan menciptakan proses pembelajaran yang lebih efektif dan efesien. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengembangkan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada mata pelajaran mekanika teknik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta 2) mengetahui kelayakan media pembelajaran berbasis aplikasi android pada mata pelajaran mekanika teknik di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Penelitian ini merupakan penelitian Research and Development (R&D) dengan model pengembangan 4D oleh Thiagarajan yang terdiri dari empat tahapan yaitu : 1) Define, 2) Design, 3) Develop, 4) Disseminate. Data diperoleh dari penilaian angket tertutup dengan skala Likert yang dilakukan oleh ahli materi, ahli media serta penilaian pengguna (guru pengampu). Data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa skor validasi ahli materi dan media berturut-turut sebesar 4.8 dan 4.05 dengan kategori sangat layak. Sedangkan untuk hasil validasi pengguna didapatkan skor 4.43 pada kategori sangat layak.


References


Rohani, A. S., (2017). Variasi Sumber Belajar Dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia Di SMA Negeri 2 Karanganyar. Skripsi. FKIP-UMS

Sudarsono, dkk. (2013). Metode Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: UNY Press

Sugiyono. (2012). Memahami Penelitian Kualitatif. Bandung: ALFABETA

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta

Tafonao, T. (2018). Peranan Media Pembelajaran dalam Meningkatkan Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Komunikasi Pendidikan. Vol. 2(2): 2549-4163

Trinova, Z. (2013). Pembelajaran berbasis Student Centered Learning Pada Materi Pendidikan Agama Islam IAIN Imam Bonjol Padang. Jurnal Al-Ta’lim. Vol. 1(1): 324-335

Widyawati, S. (2016). Pengaruh Kemampuan Koneksi Matematis Siswa terhadap Prestasi Belajar Matematika Ditinjau dari Gaya Belajar pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Siswa Kelas IX SMP di Kota Metro. Iqra’: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan. Vol. 1(1): 47–68


Refbacks

  • There are currently no refbacks.