Pengembangan Modul Analisis Struktur Metode Matriks Menggunakan Aplikasi Mathcad di Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta

Apri Suryono, Pramudiyanto Pramudiyanto

Abstract


Kemampuan setiap mahasiswa dalam memahami materi perkuliahan berbeda-beda, tidak semua mahasiswa dapat dengan mudah memahami materi yang disampaikan oleh dosen. Terlebih lagi kurangnya modul pembelajaran mengakibatkan mahasiswa kesulitan dalam mendalami materi perkuliahan secara mandiri padahal jam perkuliahan terbatas. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan modul pembelajaran dan mengetahui tingkat kelayakannya pada mata kuliah Analisis Struktur Metode Matriks (ASMM) menggunakan aplikasi MathCAD di Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP) Universitas Negeri Yogyakarta (UNY). Metode penelitian yang digunakan yaitu 4D, yang memiliki 4 tahapan yaitu: (1) Define; (2) Design; (3) Develop; (4) Disseminate. Hasil dari penelitian pengembangan 4D ini yaitu: (1) Pada tahap define didapati permasalahan pada proses pembelajaran ASMM, solusi untuk mengatasi permasalahan tersebut, dan tujuan pembelajaran yang akan dicapai; (2) Tahap design dilakukan penyusunan draft dengan menggunakan format susunan materi yang memudahkan pengguna; (3) Tahap develop didapati hasil uji validasi oleh ahli media mendapatkan total skor 194 dari skor maksimum 245 dengan kategori “layak”, hasil uji validasi ahli materi mendapatkan total skor 102 dari skor maksimum 130 dengan kategori “layak”, penilaian pengguna segi media mendapatkan total skor rerata 216,92 dari skor maksimum 245 dengan kategori “sangat layak”, penilaian pengguna segi materi mendapatkan total skor rerata 115,12 dari skor maksimum 130 dengan kategori “sangat layak”; (4) Tahap disseminate dilakukan packing, dan diffusion untuk memudahkan akses dan digunakan oleh orang lain, namun pada tahap validating testing.


References


Aulia, N.K. (2019). Pengembangan Modul Estimasi Siaya Konstruksi Gedung Pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Di SMK Negeri 1 Sedayu. Skripsi. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.

Rosdiani, D. (2013). Perencanaan Pembelajaran dalam Pendidikan Jasmani dan Kesehatan. Bandung: Alfabeta.

Sanaky, H. A. (2013). Media Pembelajaran Interaktif Inovatif. Yogyakarta: Kaukaba Dipantara.

Sanjaya, W. (2014). Media Komunikasi Pembelajaran. Jakarta: Kencana Prenada Media Group

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfa Beta

Thiagarajan. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children a Sourcebook. Indiana: Indiana University Bloomington.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.