Pengembangan Pedoman Kebencanaan di Bengkel Kerja Kayu Sekolah Menengah Kejuruan

Miftahul Janah, Slamet Widodo

Abstract


Penelitian ini dilatarbelakangi oleh mayoritas bangunan sekolah di Indonesia berada pada kawasan yang memiliki resiko terdampak bencana dari tingkat sedang hingga tinggi. Apalagi ditambah kondisi bangunan sekolah di Indonesia yang bangunannya banyak yang sudah berusia tua, minim perawatan, dan tidak sedikit yang tidak memperhatikan standar bangunan gedung saat pembangunan. Tujuan yang hendak dicapai dalam penelitian ini yaitu: (1) mengembangkan buku pedoman kebencanaan yang dapat digunakan sebagai panduan penerapan mitigasi bencana di bengkel kerja kayu SMK, (2) mengetahui hasil pengembangan buku pedoman kebencanaan di bengkel kerja kayu SMK. Metode penelitian yang diterapkan dalam penelitian ini adalah metode penelitian pengembangan menggunakan model 4D dengan 4 tahap pengembangan yaitu: (1) pendefinisian (Define), (2) perancangan (Design), (3) pengembangan (Develop) serta (4) penyebaran (Disseminate). Hasil penelitian pengembangan buku pedoman ini adalah: (1) tahap define, belum adanya buku pedoman kebencanaan pada bengkel kerja kayu SMK; (2) tahap design, penyusunan buku pedoman dengan empat pokok bahasan materi; (3) tahap develop, tingkat kelayakan buku pedoman ditinjau dari aspek materi termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan skor 139, tingkat kelayakan ditinjau dari aspek media termasuk dalam kategori “sangat layak” dengan skor 169, serta tingkat kelayakan ditinjau dari aspek pengguna masuk dalam kategori “ sangat layak” dengan skor 142; (4) tahap disseminate, penyebarluasan produk buku pedoman dengan mencetak dalam bentuk hardfile (buku) kemudian diberikan kepada SMK Negeri 2 Pengasih beserta soft file.


References


Lilik, K. dkk. (2016). Inisiasi Sekolah/madrasah Aman Bencana. Jurnal Riset kebencanaan vol 2 (2) 106-116.

Maknun, Johar. (2015). Pembelajaran Mitigasi Bencana Berorientasi Kearifan Lokal pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Kejuruan dalam Jurnal Kajian Pendidikan Vol.5 (2) Desember, pp.143-156. Bandung: Minda Masagi Press.

Pemerintah Indonesia. (2003). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Sugiyono. (2010). Metode penelitian pendidikan: (pendekatan kuantitatif, kualitatif dan R & D). Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S., dkk. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Bloomington Indiana: Indiana University.

Widyasari, Apriliana. (2015). Pengembangan Modul Fisika Kontekstual pada Materi Usaha, Energi, dan Daya untuk Peserta Didik Kelas X SMK Harapan Kartasura. Jurnal Inkuiri vol 4 (2) 125-134.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.