Pengaruh Dukungan Orang Tua dan Kemandirian Belajar Saat Pandemi Covid-19 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Gambar Teknik Peserta Didik Kelas X di SMKN 1 Sedayu

Nurul Winda Ningsih, Sativa Sativa

Abstract


Orang tua wajib memberikan dukungan karena mereka adalah pendidik utama dalam keluarga, mereka juga orang yang dikenal anak pertama kali. Banyak orang tua siswa memantau perkembangan anak hanya pada saat pengambilan raport. Orang tua jarang berkonsultasi dengan guru karena tidak memiliki banyak waktu. Penelitian ini bertujuan mengetahui: (1) seberapa besar tingkat belajar siswa kelas X di SMKN 1 Sedayu; (2) bagaimana dukungan orang di SMKN 1 Sedayu; (3) bagaimana kemandirian belajar saat pandemi Covid-19; (4) apakah dukungan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik peserta didik kelas X di SMKN 1 Sedayu; (5) apakah kemandirian belajar saat pandemik Covid-19 berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik peserta didik kelas X di SMKN 1 Sedayu; (6) apakah dukungan orang tua dan kemandirian belajar saat pandemic Covid-19 berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik peserta didik kelas X di SMKN 1 Sedayu. Penelitian ini menggunakan metode expost facto. Populasinya yaitu siswa kelas X di SMKN 1 Sedayu yang berjumlah 59 peserta. Instrumen dukungan orang tua dan kemandirian belajar yaitu kuesioner, sedangkan hasil belajar mata pelajaran gambar teknik menggunakan nilai hasil belajar akhir semester. Teknik analisis data yang digunakan ialah analisis regresi berganda. Hasil penelitian ini adalah: (1) Tingkat belajar siswa di SMKN 1 Sedayu masuk dalam ketergori cukup; (2) dukungan orang tua di SMKN 1 Sedayu masuk kategori cukup; (3) kemandirian belajar saat pandemi Covid-19 di SMKN 1 Sedayu masuk dalam kategori cukup; (4) dukungan orang tua berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik di SMKN 1 Sedayu; (5) kemandirian belajar saat pandemi Covid-19 berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik di SMKN 1 Sedayu; (6) Dukungan orang tua dan kemadirian belajar saat pendemi Covid-19 berpengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran gambar teknik di SMKN 1 Sedayu.


References


Ananda, R dan Fadhli, M. 2018. Statistik Pendidikan (Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan). Medan: CV. Widya Pustaka.

Bungsu, T. K., Vilardi, M., Akbar, P., & Bernard, M. (2019). Pengaruh kemandirian belajar terhadap hasil belajar matematika di Smkn 1 Cihampelas. Journal on Education, 1(2), 382-389.

Departemen Pendidikan Nasional. (2003). Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003, Tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Fardila, N., Rahmi, T., & Putra, Y. Y. (2017). Hubungan dukungan sosial keluarga dengan kesiapan menghadapi pensiun pada pegawai negeri sipil. Jurnal RAP (Riset Aktual Psikologi Universitas Negeri Padang), 5(2), 157-168.

Ghozali, I. (2016). Aplikasi Analisis Multivariate dengan Program IBM SPSS 25, Semarang: Universitas Diponegoro.

Kasiono, R. I. Y. (2017). Pengaruh dukungan orang tua dan motivasi belajar terhadap hasil belajar siswa kelas X pada mata pelajaran ekonomi di Sma Negeri 8 Kota Jambi. SJEE: Scientific Journals of Economic Education, 1(1), 129-144.

Sappaile, B. I. (2010). Konsep Penelitian Ex-Post Facto, Jurnal Pendidikkan Matematika, (1)2, 105-113

Siyoto, S., & Sodik, A. (2015). Dasar metodologi penelitian. Yogyakarta: Literasi Media Publishing.

Widarto. 2013. Penelitian Ex Post Facto. Makalah pelatihan. Yogyakarta: Pelatihan Metodologi Penelitian Pendidikan di Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. 28 Juni.

Widoyoko, E. P. (2014). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar


Refbacks

  • There are currently no refbacks.