Pemetaan Kemampuan Guru Mata Pelajaran Dasar Keahlian (C1) Program Keahlian Teknik Bangunan Di Daerah Istimewa Yogyakarta Dalam Merencanakan Dan Melaksanakan Penilaian Otentik (PO)

Devi Megarusti Pratiwi, Drs.H. Sutarto, M.Sc., Ph.D.

Abstract


Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) tingkat kemampuan guru dalam memahami PO, (2) kemampuan guru dalam merencanakan PO, (3) kemampuan guru dalam melaksanakan PO, (4) Fasilitasi dari sekolah, (5) Fasilitasi pihak pemerintah (nasional/lokal) dalam implementasi kurikulum 2103. Penelitian ini penelitian deskriptif. Populasi penelitian ini guru pada SMKN Program Keahlian Teknik Bangunan di DIY dengan jumlah 17 guru, yang menjadi sekolah uji coba (piloting) implementasi kurikulum 2013. Sampel guru penelitian dengan teknik purposive sampling, diambil satu orang guru untuk setiap Kelompok Mata Pelajaran Dasar Bidang Keahlian (C1) Program Keahlian Teknik Bangunan SMKN D.I.Y. Instrumen penelitian menggunakan angket dengan Skala Likert. Data dikumpulkan dengan angket terbuka, angket tertutup, dan dokumen (bahwa (1) pemahaman guru X) 21,64 termasuk kategori “paham”, (2) kemampuan guru dalam merencanakan PO dalam konteks Kurikulum 2013 didapatkan Nilai Rerata tentang konsep PO dalam konteks Kurikulum 2013 didapatkan Nilai Rerata (X) 6,55 termasuk kategori “sudah menyusun sebagian dan tidak mengalami kesulitan”, (3) kemampuan guru
dalam melaksanakan PO dalam konteks Kurikulum 2013 didapatkan Nilai Rerata ((X) sebesar termasuk kategori “sudah melakukan sebagian penilaian otentik dan tidak mengalami kesulitan”, (4) fasilitasi dari sekolah didapatkan X) sebesar termasuk kategori “tersedia tetapi kelengkapan/kuantitas dan kualitasnyabelum memadai”, (5) fasilitasi dari pihak pemerintah (nasional/lokal) didapatkan Nilai Rerata ( Nilai Rerata (X) secara kualitatif sebesar termasuk kategori “cukup memadai”.


Full Text:

PDF

Refbacks

  • There are currently no refbacks.