Pengembangan Job Sheet Teknik Pengukuran Tanah Kelas X Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan SMK Negeri 1 Magelang

Endah Novitasari, Sunar Rochmadi

Abstract


Proses pembelajaran pada Ukur Tanah mengalami beberapa kendala, sehingga guru dituntut untuk menggunakan media pembelajaran yang materinya terperinci serta sesuai dengan capaian pembelajaran. Media pembelajaran yang sesuai yaitu job sheet. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tahapan define, design, development, dan dissemination Job Sheet Teknik Pengukuran Tanah kelas X DPIB SMK Negeri 1 Magelang serta mengetahui kelayakan job sheet tersebut. Penelitian ini merupakan penelitian dan pengembangan (Research and Development) dengan model pengembangan Four-D Models oleh Thiagaradjan yaitu pendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop), dan penyebarluasan (dissemination). Instrumen yang digunakan berupa angket untuk menguji kelayakan job sheet melalui validasi ahli materi dan ahli media. Penilaian job sheet juga dilakukan oleh guru Teknik Pengukuran Tanah selaku pengguna. Tingkat kelayakan job sheet ditinjau dari aspek materi dan media. Data hasil angket dianalisis secara deskriptif kuantitatif. Produk yang dihasilkan dari penelitian ini berupa Job Sheet Teknik Pengukuran Tanah kelas X DPIB SMK Negeri 1 Magelang, melalui tahapan berikut: (1) pendefinisian (define), dihasilkan kebutuhan materi yang akan dikembangkan dalam job sheet, (2) perancangan (design), menghasilkan rancangan awal job sheet, (3) pengembangan (develop), diperoleh saran dari ahli materi, ahli media, dan guru untuk perbaikan job sheet yaitu perbaikan gambar, penilaian, penulisan, dan sampul. Hasil penilaian kelayakan Job Sheet Teknik Pengukuran Tanah oleh ahli materi mendapatkan nilai rata-rata 4.83 dari skor maksimal 5 dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak”. Penilaian oleh ahli media mendapatkan skor rata-rata 4.48 dari skor maksimal 5 dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak”. Penilaian oleh praktisi dilakukan oleh guru memperoleh skor rata-rata 4.88 dari skor maksimal 5 dengan tingkat kelayakan “Sangat Layak”.  (4) penyebarluasan (dissemination) diberikan kepada guru Teknik Pengukuran Tanah.


Full Text:

PDF

References


Abdillah, M. A. (2013). Kelengkapan Jobsheet Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Mata Pelajaran Kelistrikan Otomotif pada Siswa. Gardan, 3.

Asnawir, & Usman, B. (2002). Media Pembelajaran. Jakarta: Ciputat Pers.

Basuki, S. (2006). Ilmu Ukur Tanah. Yogyakarta: Gadjah Mada Universuty Press.

Djamarah, S. B., & Zain, A. (2002). Strategi Belajar Mengajar.

Hayat, M. A., Anggraeni, S., & Redjeki, S. (2011). Pembelajaran Berbasis Praktikum pada Konsep Invertebrata untuk Pengembangan Sikap Ilmiah Siswa. Bioma, 1.

Hidayati, N. (2012). Penerapan Metode Praktikum dalam Pembelajaran Kimia untuk Meningkatkan Keterampilan Berfikir Tingkat Tinggi Siswa pada Materi Pokok Kesetimbangan Kimia Kelas XI SMK Diponegoro Banyuputih Batang. Universitas Islam Negeri Walisongo, Semarang. Diambil dari http://eprints.walisongo.ac.id/id/eprint/978/

Kemendikbudristek. Program Sekolah Menengah Kejuruan Pusat Keunggulan, Pub. L. No. 165/M/2021 (2021).

Prastowo, A. (2015). Panduan Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif. Yogyakarta: DIVA Press.

Sudaryanto. (2013). Pengembangan Instrumen Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Sunaryo, S. (2012). Media Pembelajaran Teknologi dan Kejuruan. Yogyakarta: UNY Press.

Suyanto, & Hisyam, D. (2010). Pendidikan Indonesia Memasuki Milenium III. Yogyakarta: Adicita Karya Nusa.

Thiagaradjan, S., Semmel, D. S., & Semmel, M. I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University Bloomingto.

Umar, H. (2003). Metode Riset Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka.

Undang Undang RI. (2003). Undang Undang RI Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta.

Wahid, A. (2018). Pentingnya Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar. Istiqra’, 5. Diambil dari https://jurnal.umpar.ac.id/index.php/istiqra/article/view/461


Refbacks

  • There are currently no refbacks.