Pengembangan Modul Pembelajaran Luas Area Segibanyak Berbasis Google Earth Pro Pada Mata Kuliah Geomatika di Departemen PTSP FT UNY

Tiara Putri Shalsabilla, Nur Hidayat

Abstract


Mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan (PTSP) FT UNY memiliki beberapa permasalahan dalam pembelajaran, salah satunya terbatasnya sumber belajar yang memadai dalam menunjang pembelajaran Geomatika berbasis Google Earth Pro sebagai pengolahan informasi spasial. Pendekatan melalui media sebagai komponen pendukung dalam kegiatan pembelajaran dinilai mampu memberikan efektifitas tinggi pada proses pendidikan. Diperlukan media belajar agar mahasiswa dapat melakukan pengolahan informasi spasial berbasis Google Earth Pro secara mandiri. Tujuan dilaksanakan penelitian adalah untuk mengembangkan modul pembelajaran luas area segibanyak berbasis Google Earth Pro pada mata kuliah Geomatika Departemen PTSP FT UNY. Penelitian difokuskan pada tujuan untuk mengetahui proses serta hasil pengembangan modul pembelajaran luas area segibanyak berbasis Google Earth Pro. Penelitian ini menerapkan model pengembangan 4D yang dipopulerkan Thiagarajan. Model 4D terdiri dari empat prosedur utama yaitu define, design, develop, serta disseminate. Dilakukan pengamatan dan kuisioner sebagai teknik pengumpulan data serta dianalisis menggunakan teknik deskriptif dengan mentransformasi data kuantitatif menjadi kualitatif. Data yang telah dikumpulkan kemudian dilakukan analisis menggunakan metode deskriptif. Perolehan data yang bersumber dari validasi terhadap validator dan kuisioner oleh mahasiswa merupakan bentuk data kuantitatif berupa tingkatan nilai skor. Hasil penelitian antara lain (1) prosedur define memerlukan pengembangan modul sesuai dengan kompetensi; (2) prosedur design menghasilkan naskah modul dengan empat kegiatan belajar serta dikemas dalam ukuran A4, (3) prosedur develop memperoleh hasil kelayakan validasi materi dengan skor 127 serta rata-rata 4,23 tergolong kategori “sangat layak”, hasil validasi media dengan skor 233 serta rata-rata 4,95 tergolong kategori “sangat layak”, dan kuisioner mahasiswa menghasilkan skor 3695 dengan rata-rata 4,56 tergolong kategori “sangat layak”; (4) prosedur disseminate menghasilkan modul dalam bentuk poster berisi informasi tautan barcode yang diserahkan kepada dosen pengampu mata kuliah dan disebarkan pada mahasiswa melalui Google Drive.


Full Text:

PDF

References


Rochmadi, S. (2017). Geomatika I. Yogyakarta: UNY Pess

Sudaryono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan. Jakarta: Kencana

Thiagarajan, et, al. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Virginia: Indiana University

Wahyuni, I. & Hidayat, N. (2019). Penggunaan Media Pembelajaran Poster di Bengkel. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil Volume 1 Nomor 1, DOI 10.21831/jpts.v1i1.28270


Refbacks

  • There are currently no refbacks.