Analisis Relevansi Mata Pelajaran Kompetensi Keahlian Konstruksi Gedung Sanitasi Dan Perawatan SMKN 2 Yogyakarta Dengan Kebutuhan Industri Di Daerah Istimewa Yogyakarta

Salsabila Ainun Nida, Slamet Widodo

Abstract


Adanya kerjasama yang baik antara sekolah kejuruan dengan dunia industri dapat menghidari terjadinya kesenjangan kompetensi. Sekolah maupun dunia industri dapat menyelaraskan kompetensi yang diajarkan dengan kompetensi yang dibutuhkan. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui: (1) kompetensi keahlian KGSP SMKN 2 Yogyakarta di kurikulum yang sudah sesuai dengan kebutuhan DUDI di DIY; (2) kompetensi keahlian KGSP SMKN 2 Yogyakarta di kurikulum yang sudah diajarkan dan dibutuhkan oleh DUDI di DIY; (3) kompetensi keahlian KGSP SMKN 2 Yogyakarta di kurikulum yang sudah diajarkan namun kurang dibutuhkan; (4) kompetensi keahlian KGSP SMKN 2 Yogyakarta yang dibutuhkan oleh DUDI di DIY namun kurang diajarkan atau dipelajari di sekolah. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Teknik sampel yang digunakan yakni purposive sampling, yang terdiri dari peserta didik kelas XIII KGSP SMKN 2 Yogyakarta dan industri konstruksi di DIY tempat PKL peserta didik kelas XIII KGSP SMKN 2 Yogyakarta. Sumber data dalam penelitian ini adalah 35 responden dari peserta didik kelas XIII KGSP dan 8 responden dari industri konstruksi di DIY. Teknik pengumpulan data menggunakan metode studi literatur dan angket. Pengambilan data dilakukan menggunakan angket tertutup. Teknik analisis data menggunakan analisis statistik deskriptif. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa: (1) pada mata pelajaran kompetensi keahlian KGSP terdapat 91 kompetensi keahlian dari 100 kompetensi keahlian dengan hasil sudah sesuai dengan kebutuhan industri konstruksi; (2) pada mata pelajaran kompetensi keahlian KGSP terdapat 61 kompetensi keahlian dari 100 kompetensi keahlian yang sudah diajarkan dan dipelajari oleh peserta didik kelas XIII masuk dalam kategori sudah sesuai dengan kebutuhkan industri konstruksi di DIY; (3) tidak terdapat kompetensi keahlian KGSP yang sudah diajarkan dan dipelajari oleh peserta didik kelas XIII namun kurang dibutuhkan oleh industri konstruksi di DIY; (4) pada mata pelajaran kompetensi keahlian KGSP terdapat 31 kompetensi keahlian dari 100 kompetensi keahlian yang dibutuhkan oleh industri konstruksi namun kurang diajarkan dan dipelajari oleh peserta didik.


Full Text:

PDF

References


Badan pusat statistik. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Yogyakarta Februari 2021. Provinsi D.I Yogyakarta. No. 34/05/34/Thn. XXIII, 05 Mei 2021.

Badan pusat statistik. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Februari 2021. No. 37/05/Th. XXIV, 05 Mei 2021.

Badan pusat statistik. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Yogyakarta November 2021. Provinsi D.I Yogyakarta. No. 71/11/34/Th. XXIII. 5 November 2021.

Badan pusat statistik. (2021). Keadaan Ketenagakerjaan Indonesia Agustus 2021. No. 84/11/Th. XXIV. 05 November 2021.

Kementerian Ketenagakerjaan. (2021). Keputusan Menteri Ketenagakerjaan Nomor 193 Tahun 2021 Tentang Penetapan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia kategori Konstruksi Golongan Pokok Konstruksi Gedung Pada Jabatan Kerja Pelaksana Lapangan Pekerjaan Gedung.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2018). Peraturan Direktur Jenderal Pendidikan Dasar dan Menengah Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan Nomor 07/D.D5/KK/2018 tentang Struktur Kurikulum Sekolah Menengah kejuruan (SMK)/Madrasah Aliyah kejuruan.

Kementerian Tenaga Kerja dan Transmigrasi. (2011). Keputusan Menteri Tenaga Kerja dan Transmigrasi Republik Indonesia Nomor Kep.06/MEN/I/2011 Tentang Penetapan Rancangan Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia Sektor Konstruksi Untuk Jabatan Kerja Quantity Surveyor Menjadi Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia.

Mardapi, Djemari. (2012). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Nuha Medika.

Nur, Nuzulul. A. & Sutarto. (2019). Kesesuaian Kompetensi Lulusan (SKL) Pada Kurikulum 2013 SMK Kompetensi Keahlian Teknik Konstruksi Batu Dan Beton (TKBB) Dengan Kebutuhan Dunia Usaha/Dunia Industri (DU/DI) Jasa Konstruksi Di D.I.Yogyakarta. JPTS, Vol. I No. 1, November 2019.

Sasongko, Dwi. F., et al. (2020). Peran Bursa Kerja Khusus (BKK) Dalam Menyalurkan Siswa Kompetensi Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan (DPIB) SMK N 2 Klaten Ke Dunia Industri. JPTS, Vol. II No. 2. November 2020: 175-189.

Suroto & Hung, Nguyen. T. (2018). Management Of An Industry Standard Class In Vocational High Schools. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan.

Vol. 24, No. 1, May 2018: 46-51. ISSN: 0854-4735.

DOI: 10.21831/jptk.v24il.14710.

Suyitno. (2020). Pendidikan Vokasi dan Kejuruan Strategi dan Revitalisasi

Abad 21. Yogyakarta: K-Media.

Warnandes, Satria., et al. (2022). Relevansi Kompetensi Lulusan S1 Pendidikan Teknik Sipil Dan Perencanaan Universitas Negeri Yogyakarta Dengan Kebutuhan Dunia Industri Jasa Konstruksi Bidang Perencana. JPTS, Vol. IV No. 1, Juni 2022: 54-61.

Wibisono, Galih., et al. (2020). The Link And Match Between The Competency Of Vocational High School Graduates And The Industry On CAD/CAM And CNC. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, Vol. 26, No. 1, May 2020: 26-34. ISSN: 0854-4735.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.