Pengembangan Aplikasi Pembelajaran Jenis-jenis Pekerjaan Konstruksi Gedung, Jalan, dan Jembatan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi Berbasis Android di SMK N 1 Seyegan

Nur Fuad Alkorny, Sativa Sativa

Abstract


Kemajuan teknologi khususnya pada smartphone yang semakin berkembang diharapkan memberikan dampak positif bagi manusia terutama dalam hal pendidikan. Dalam ranah pendidikan, fitur Android dalam smartphone dapat dimanfaatkan sebagai media pembelajaran yang berbasis aplikasi. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran aplikasi berbasis Android untuk materi Jenis-jenis Pekerjaan Konstruksi Gedung, Jalan, dan Jembatan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK N 1 Seyegan. Penelitian ini menggunakan Research and Development (RnD) dengan model 4D yang mencakup 4 tahapan. Tahapan penelitian ini meliputi proses pendefinisan (define), proses perancangan (design), proses pengembangan (develop), dan proses penyebaran (disseminate). Pengambilan data dalam pengembangan media ini menggunakan angket dengan tujuan menguji kelayakan media dari hasil penilaian dosen ahli materi dan ahli media untuk melakukan uji analisis menggunakan simpangan baku. Hasil pengembangan media mendapatkan hasil bahwa media berbasis Android untuk materi Jenis-jenis Pekerjaan Konstruksi Gedung, Jalan, dan Jembatan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi ini masuk kategori sangat layak berdasarkan penilaian dari ahli materi maupun ahli media. Diharapkan hasil pengembangan media ini dapat memberikan kontribusi terhadap kegiatan pembelajaran di kelas khususnya materi Jenis-jenis Pekerjaan Konstruksi Gedung, Jalan, dan Jembatan pada Mata Pelajaran Estimasi Biaya Konstruksi di SMK N 1 Seyegan.


Full Text:

PDF

References


Mubarok, Fajar. (2015). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Mobile Application Menggunakan App Inventor pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik untuk Siswa Kelas X Studi Keahlian TGB SMK Negeri 3 Yogyakarta. Skripsi S1. Yogyakarta: Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan, FT UNY.

Rusman, Kurniawan dan Cepi. (2013). Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan Komunikasi. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Smaldino, S. E., Lowther, D. L., Russell, J. D., & Mims, C. (2008). Instructional technology and media for learning.

Thiagarajan, S., Semmel, D.D., & Semmelpp, M.I. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Expectional Children. Minnesotta: U.S. Office of Education.

Wirawan, I. M. A., Sunarya, I. M. G., Jayendra, I. G. N. T., & Yudianto, A. (2018). Mobile Learning Based on Guided Inquiry: Optimization of Students’ Motivation. Jurnal Pendidikan Teknologi dan Kejuruan, 24(2), 256-2


Refbacks

  • There are currently no refbacks.