Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Multimedia Interaktif Untuk Materi Peralatan Ukur Tanah DPIB di SMKN 1 Sedayu

Nur Vaisa Vina Safitri, Retna Hidayah

Abstract


Pelaksanaan pembelajaran pada materi peralatan ukur tanah pada SMKN Sedayu yang seharusnya dilakukan secara offline, tetapi dilaksanakan secara online akibat adanya pandemi COVID-19. Pembelajaran online yang selama ini dilakukan masih dirasa monoton dan membosankan oleh siswa. Diperlukan pendekatan proses belajar yang menarik agar kegiatannya tidak monoton dan dapat menarik perhatian siswa. Tujuan penelitian ini bertujuan untuk: (1) mengembangkan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif untuk materi peralatan ukur tanah DPIB di SMKN 1 Sedayu; dan (2) menilai kelayakan media pembelajaran berbasis multimedia interaktif tersebut. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan dengan model 4D yang terdiri dari empat tahapan yaitu: tahap pendefinisian, tahap desain, tahap pengembangan, dan tahap penyebaran. Penelitian ini dilakukan di SMKN 3 Yogyakarta dengan subjek penelitian adalah ahli materi, ahli media, dan guru. Kuesioner digunakan sebagai instrument pengumpulan data kuantitatif dengan wawancara dan observasi sebagai pendukung. Hasil yang didapatkan dari penilitian ini adalah produk aplikasi media pembelajaran yang memiliki enam sub materi dan video yang menjelaskan mengenai cara penggunaan alat ukur tanah. Halaman utama aplikasi tersebut memiliki enam bagian yakni: profil, petunjuk, materi, tujuan, evaluasi, dan referensi. Adapun hasil validasi oleh para ahli tersebut, hasil kelayakan dari ahli materi mendapatkan skor 83,33 dengan kategori sangat layak, hasil kelayakan dari ahli media mendapatkan skor 72,03 dengan kategori layak, dan hasil kelayakan dari guru mendapatkan 81,04 dengan kategori layak.

References


Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran; Edisi revisi. Repository Riset Kesehatan Nasional.

Marva, F., & Rochmadi, S. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Geomatika II Untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 140-152.

Hotimah, H., Ermiana, I., & Rosyidah, A. N. K. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Berbasis Macromedia Flash untuk Meningkatkan Kemampuan Komunikasi Matematis. Progres Pendidikan, 2(1), 7-12.

Sudjana, N. (2016). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Susilana, R. & Riyana, C. (2009). Media Pembelajaran: Hakikat, Pengembangan, Pemanfaatan, dan Penilaian. Bandung: CV Wacana Prima.

Thiagarajan, S,. Semmel, D, S,. & Semmel, M,. I. (1974). Development for Training Teachers of Exceptional Children. Indiana: Indiana University


Refbacks

  • There are currently no refbacks.