Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Sambungan Kuda-Kuda Kayu pada Praktik Kerja Kayu 1 di Jurusan PTSP FT UNY

Sofia Fitriana Zain, Pramudiyanto Pramudiyanto

Abstract


Perkembangan pendidikan tentunya tidak lepas dari adanya perkembangan revolusi industri yang terjadi. Tantangan dan tuntutan semakin meningkat dikarenakan hampir seluruh sektor menggunakan sistem digitalisasi, salah satunya sektor pendidikan. Tujuan dalam penelitian ini yaitu: (1) Untuk mengetahui media yang digunakan oleh dosen dalam mengajar materi pembuatan sambungan kuda-kuda kayu pada Praktik Kerja Kayu 1 di Jurusan PTSP FT UNY; dan (2) Untuk mengetahui seberapa besar tingkat keefektifan, kelayakan, dan kepraktisan media video pembelajaran pembuatan sambungan kuda-kuda kayu pada Praktik Kerja Kayu 1 di Jurusan PTSP FT UNY. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan (Research & Development) yang merujuk pada model pengembangan Four-D Models oleh Thiagarajan, yang terdiri atas define (tahap pendefinisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan), dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen penelitian berupa kuesioner dengan skala Likert yang terdiri dari empat pilihan jawaban. Kuesioner tersebut digunakan pada validasi Ahli Materi, Ahli Media, dan Pengguna/Mahasiswa. Data yang didapat kemudian dianalisis secara kuantitatif. Hasil dari penelitian serta pengembangan video pembelajaran yaitu: (1) penilaian dari Ahli Materi mendapatkan skor sebesar 63 dari 68 dengan persentase keseluruhan sebesar 96% termasuk dalam kategori “Sangat Efektif”, (2) penilaian dari Ahli Media didapatkan skor sebesar 88 dari 96 dengan persentase keseluruhan sebesar 95,2% termasuk dalam kategori “Sangat Layak”, serta (3) penilaian dari pengguna/mahasiswa mendapatkan rata-rata skor keseluruhan sebesar 31,7 dengan persentase keseluruhan sebesar 95% termasuk dalam kategori “Sangat Praktis”.

References


Halawa, M. V. (2021). Efektivitas Pemanfaatan Platform Media Sosial dalam Pembelajaran Praktikuk secara Daring. Innovative Education Journal, 52-64.

Mardapi, D. (2008). Teknik Penyusunan Instrumen Tes dan Non Tes. Yogyakarta: Parama Publishing.

Suryaningsih, Y. A. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Praktikum Virtual Berbasis Android untuk Meningkatkan Berpikir Kreatif Siswa. Jurnal Bio Education, 74-82.

Thiagarajan, S. S. (1974). Instructional Developmental for Training Teachers of Exceptional Children. Blomington Indiana: Indiana University.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.