Pengembangan Modul Pembelajaran Digitasi Peta Polyline Sungai dengan Sistem Koordinat UTM Menggunakan ArcMap sebagai Penunjang Praktikum Geomatika II di Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Wahyu Damar Al’badi, Sunar Rochmadi

Abstract


Mata kuliah Geomatika II merupakan mata kuliah yang wajib ditempuh oleh seluruh mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Namun kelengkapan modul Geomatika II masih kurang pada bagian topik digitasi peta polyline sungai. Oleh karena itu dibutuhkan pengembangan modul pembelajaran digitasi peta polyline sungai sebagai penunjang Praktikum Geomatika II. Penelitian R&D ini menggunakan model pengembangan 4-D yang terdiri dari empat tahapan: (1) define; (2) design; (3) develop; dan (4) disseminate. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah kuesioner dengan responden 2 dosen Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY sebagai ahli materi dan ahli media, serta 30 mahasiswa Program Studi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY angkatan 2018. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) define, dibutuhkannya suatu sarana yang dapat dijadikan sumber acuan mahasiswa dalam belajar di samping gagasan dan penjelasan dari dosen pada pembelajaran Praktikum Geomatika II; (2) design, dibuatnya sebuah modul pembelajaran dengan 4 kegiatan belajar yang setiap kegiatan belajarnya memuat tujuan pembelajaran, materi pembelajaran, rangkuman, dan tes formatif; (3) develop, perbaikan pada modul sekaligus penilaian tingkat kelayakan modul oleh ahli materi (4,73 “Sangat Layak”), ahli media (4,39 “Sangat Layak”), dan mahasiswa (4,68 “Sangat Layak”); (4) disseminate, disebarluaskannya produk akhir modul melalui alamat tautan: http://shorturl.at/filTY dan sebuah QR Code.

References


Budi, K.S., Raharjo, N.E., Rochmadi, S., Marsudi, I., Hidayat, N. (2022). Pengembangan Video Pembelajaran Open Street Map untuk Pembuatan Peta Digital Format ShapeFile Menggunakan ArcGIS. Jurnal Pendidikan Teknik Bangunan 2 (1), 1-8

Hibatullah, A. & Nayono, S. E. (2021). Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih dan Air Kotor Rumah 2 Lantai Mapel Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XII Program Studi DPIB Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III(2), 181-191.

Purwanto, Rahadi, A., & Lasmono, S. (2007). Pengembangan Modul.. Jakarta: Pusat Teknologi Informasi Dan Komunikasi Depdiknas.

Santosi, G. S. B., & Sumardjo. (2021). Pengembangan Modul Teknik Pengukuran Tanah untuk Siswa Kelas X Program Keahlian Desain Pemodelan dan Informasi Bangunan Di SMK Negeri 1 Purworejo. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III(2), 131-143.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Thiagarajan, S. (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children: A Sourcebook. Indiana: Indiana University.

Widoyoko, E.P. (2015). Teknik Penyusunan Instrumen Penelitian. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.