Pengembangan Video Pembelajaran Pembuatan Bekisting dan Penulangan Balok Serta Lantai Untuk Mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY

Raden Taufik Zainalabidin, Nuryadin Eko Raharjo

Abstract


Saat ini pelaksanaan pembelajaran pada mata kuliah praktik kerja beton pada Departemen Teknik Sipil dan Perencanaan masih memakai media papan tulis serta jobsheet dengan menggunakan pendekatan konvensional, sehingga mahasiswa masih kesulitan dalam memahami materinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran berbasis video pada mata kuliah praktik kerja beton tentang pembuatan bekisting dan penulangan balok serta lantai untuk mahasiswa Departemen Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D)menggunakan metode deskriptif kuantitatif. Berdasarkan hasil penelitian pengembangan video dengan model 4D sebagai berikut: (1) Hasil define dibutuhkannya media pembelajaran pada mata kuliah praktik kerja beton. (2) Hasil design berupa media video pembelajaran sebanyak 8 buah dengan format Mp4 yang dikemas pada PowerPoint Macro-Enabled Show. (3) Hasil development beupa penilaian yang didapatkan dari ahli materi dan ahli media yakni ‘Layak’ dengan nilai 4,35 dan 4 dari penilaian skala 1-5. (4) Hasil disseminate media video pembelajaran yakni diunggah ke YouTube dan media pengemasnya diunggah ke GoogleDrive. Tautan link nya dibagikan kepada dosen pengampu, dan mahasiswa.



References


Arikunto, S. (1993). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (edisi revisi II, Cetakan Kesembilan). Jakarta: Penerbit Rineka Cipta.

Arsyad, A. (2019). Media pembelajaran; Edisi revisi. Repository Riset Kesehatan Nasional.

Fitriyani, R., & Purwantoro, D. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Hidrolika untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan Fakultas Teknik Universitas Negeri Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 187-196.

Hibatullah, A. & Nayono, S. E. (2021). Pengembangan Modul Menggambar Isometri Instalasi Air Bersih dan Air Kotor Rumah 2 Lantai Mapel Konstruksi dan Utilitas Gedung Kelas XII Program Studi DPIB Di SMK Muhammadiyah 3 Yogyakarta. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, III(2), 181-191.

Marva, F., & Rochmadi, S. (2022). Pengembangan Lab Sheet Praktikum Geomatika II Untuk Program Studi S1 Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(2), 140-152.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. (2006). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin, R. N., Hidayat, N., Prihadi, W. R., Malik, A., & Wibowo, D. E. (2022). Pengembangan Modul Pembelajaran Mata Kuliah Praktik Kerja Plambing dan Sanitasi di Prodi Pendidikan Teknik Sipil dan Perencanaan FT UNY. Jurnal Pendidikan Teknik Sipil, IV(1), 83-93.

Thiagarajan, S. dkk (1974). Instructional Development for Training Teachers of Exceptional Children. Minnesota: U.S. Office of Education.


Refbacks

  • There are currently no refbacks.